Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Melly Goeslaw Turunkan Berat Badan 23 Kilogram Melalui Operasi Bariatrik

Melly Goeslaw sebelum menjalani operasi bariatrik

JAKARTA, jurnal9.com – Kalau melihat penampilan Melly Goeslaw saat ini tampak berbeda, postur tubuhnya kelihatan jauh lebih ramping. Mungkin banyak orang yang bertanya-tanya, apakah penyanyi yang sekaligus pencipta lagu ini melakukan diet menurunkan berat badan?

Memang benar, dia mengaku dirinya melakukan operasi bariatrik untuk menurunkan berat badan. Selama 4 bulan ini ia berhasil menurunkan berat badan hingga 23 kilogram.

Apa itu operasi bariatrik?

Operasi bariatrik adalah pembedahan untuk menurunkan berat badan. Melly Goeslaw sendiri melakukan operasi bariatrik sleeve gastrectomy.

Metode operasi ini dilakukan dengan memotong bagian lambung. Setelah dipotong lambungnya akan menjadi lebih kecil dan ramping seperti pisang.

Setelah dipotong, daya tampung lambungnya akan berkurang karena lebih kecil. Karena lambungnya menjadi kecil, makannya lebih cepat kenyang.

Melly Goeslaw menjalankan operasi bariatrik dengan memotong sekitar 85 persen bagian lambungnya.

Sehingga berat badan Melly semula 87 kilogram menjadi 64 kilogram setelah menjalani operasi bariatrik sleeve gastrectomy.

Melly Goeslaw setelah menjalani operasi bariatrik

Operasi bariatrik ini biasanya dilakukan orang yang kegemukan atau penderita obesitas yang sulit diatasi hanya dengan diet dan olahraga.

Penderita obesitas atau orang yang kelebihan berat badan, memang berisiko timbulnya penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, diabetes dan stroke.

Orang yang kegemukan atau penderita obesitas memang agak kesulitan menurunkan berat badan hanya dengan diet dengan makan maupun berolahraga. Sehingga mereka memilih dengan melakukan operasi pemotongan lambung ini (operasi bariatrik). Dan biasanya setelah menjalanai operasi bariatrik ini:

  1. Mereka lebih percaya diri.
  2. Perubahan gaya hidup lebih sehat.

3.Meningkatkan usia harapan hidup dibandingkan dengan penderita obesitas yang tidak melakukan operasi pemotongan lambung.

Baca lagi  Alibi Pengacara: Brigadir J Diduga Dianiaya dan Dibunuh di Magelang

4.Mencegah gangguan kesehatan, seperti diabetes, penyakit asam lambung, kolesterol tinggi dan obesitas.

5.Penurunan berat badan yang bertahan dalam jangka waktu lama.

Namun dokter biasanya meminta melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh sebelum menjalani operasi pemotongan lambung ini (operasi bariatrik).

Selain itu menyarankan pasien untuk menerapkan pola makan sehat, gaya hidup sehat, mengkonsumsi banyak vitamin serta menjalani jadwal kontrol secara berkala.

Tetapi operasi bariatrik ini memiliki efek samping:

  • Pendarahan.
  • Kebocoran pada lambung atau usus yang dijahit.
  • Infeksi.
  • Trombosis vena dalam, terbentuknya emboli, yaitu bekuan darah pada organ tertentu, seperti paru-paru, jantung dan otak.
  • Penyempitan di area lambung dan usus yang dijahit, sehingga timbul mual, muntah, dan kesulitan makan.
  • Kematian.

Biasanya pasien yang sudah menjalani operasi bariatrik ini selalu diawasi dokter yang menanganinya, sehingga risiko-risiko dari efek samping tersebut dapat dihindari.

Biaya operasi bariatrik di Indonesia, menurut keterangan di website resmi, RS EMC biaya operasi bariatrik terbilang murah hanya berkisar Rp 49.999.000.

Tindakan operasi di RS EMC Alam Sutera ini sudah termasuk kamar perawatan, tindakan bedah dan obat-obatan.

Biaya tersebut belum termasuk, pemeriksaan sebelum tindakan operasi seperti laboratorium, radiologi & gastroskopi, konsultasi dokter spesialis sebelum tindakan dan lainnya.

RAFIKA ANUGERAHA M

Related posts

Hotman Paris Mengaku Bingung Diminta Jadi Pengacara Habib Rizieq

adminJ9

Pemerintah Batal Terapkan PPKM Level 3 Jawa-Bali 24 Des 2021 – 2 Januari 2022

adminJ9

Ini Cara Polisi Virtual Tegur Pelanggar UU ITE di Medsos, Pelanggar Tak Langsung Ditangkapi

adminJ9