Jurnal9.com
Headline News

KSAL Yudo Margono Diajukan Jadi Panglima TNI, Gantikan Andika Prakasa

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono

JAKARTA, jurnal9.com – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Yudo Margono menyebut dirinya baru saja diajukan sebagai calon Panglima TNI.

“Kita masih diajukan kemarin, kata Mensesneg, ya kita tunggu saja,” kata Yudo kepada wartawan saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Kamis (24/11/2022).

Terkait penunjukan dirinya sebagai calon Panglima, Yudo mengaku kini tengah mempersiapkan diri untuk menghadapi fit and proper test yang akan dilaksanakan di DPR RI pada waktu mendatang.

“Fit and proper test di Komisi I ini akan kita siapkan,” tutur dia.

Yudo menjelaskan, tidak ingin berandai-andai terkait penunjukan dirinya. Ia belum mau berbicara lebih jauh mengenai program setelah menjadi Panglima.

“Saya nggak mau berandai-andai mengenai program. Tapi saya lebih fokus untuk menghadapi fit and proper test. Nanti hasilnya disampaikan ke teman-teman media,” ujarnya.

Diberitakan Panglima TNI Jenderal Andika Prakasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022. Nama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono disebut menjadi salah satu nama terkuat sebagai calon Panglima.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo sempat menyebut calon Panglima berikutnya akan menunjuk orang nomor satu di matra yang memiliki semboyan “Jalesveva Jayamahe”.

Keputusan tersebut dituangkan dalam Surat Presiden (surpres) mengenai pencalonan Panglima TNI yang akan dikirim ke DPR pada Senin (28/11/2022).

Hal itu dibenarkan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bahwa Presiden mencalonkan Yudo yang notabene dari matra laut.

Laksamana TNI Yudo Margono, SE, MM, C.S.F.A lahir 26 November 1965, di Desa Garon, Kecamatan BalerejoKabupaten MadiunJawa Timur. Dia dari keluarga sederhana yang berprofesi sebagai Petani.

Baca lagi  2021 Terjadi Peningkatan di Sektor Ekonomi Baru: Teknologi, Kendaraan Listrik, Mata Uang Kripto

Mengeyam pendidikan dasar di SDN 02 Garon dan menamatkan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Mejayan, Madiun.

Yudo Margono adalah seorang perwira tinggi TNI-AL yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut ke-27 sejak tanggal 20 Mei 2020.

Yudo, merupakan alumnus Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-XXXIII/tahun 1988.

Dia pernah menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I.

ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

DPR: Aturan PSBB Pusat dan Daerah Tak Sinkron Bikin Masyarakat Bingung

adminJ9

Anggota Komisi VI DPR: Pelaksanaan Anggaran Pembinaan UMKM Harus Tepat Sasaran

adminJ9

AJI Indonesia: Omnibus Law Merugikan Pekerja dan Mengancam Demokratisasi Penyiaran

adminJ9