Jurnal9.com
Headline Sport

Maroko Kejutkan Piala Dunia 2022, Negara yang Dijuluki Bumi Para Wali

Timnas Maroko rayakan kemenangan setelah menumbangkan Portugal

RABAT, jurnal9.com – Timnas Maroko membuat kejutan Piala Dunia 2022 di Qatar. Maroko berhasil mencapai semi final. Setelah menumbangkan jawara sepak bola dunia, seperti Spanyol, Belgia, dan Portugal.

Sebagai tim underdog; bukan unggulan, dan tak dikira tim asal Afrika ini ternyata mampu lolos ke babak semi final. Tentu saja mengejutkan para pecinta sepak bola.

Mungkin tak banyak yang tahu jika Maroko, salah satu negara Arab yang berada di kawasan Afrika Utara. Sebuah negara yang mempunyai garis pantai sangat panjang di Samudera Atlantik.

Secara geografis, negara Maroko mempunyai wilayah yang sebagian besar terdiri dari gurun dan pegunungan. Satu pegunungan yang memanjang sampai ke bagian selatan, yaitu Pegunungan Atlas. Pegunungan ini menjadi jantung Maroko. Dan pegunungan Rif terletak di sebelah utara negeri ini.

Adapun secara teritorial, Maroko yang berpenduduk 33 juta jiwa itu merupakan negara di Afrika Utara yang terletak di seberang Selat Gibraltar Spanyol. Dan berbatasan dengan Aljazair di sebelah timur dan tenggara, Sahara Barat di selatan, Samudra Atlantik di barat, dan Laut Mediterania di utara.

Negeri Maghribi

Negara Maroko dikenal sebagai negeri Maghribi atau Al-Mamlakah Al-Maghribiyah yang memiliki arti; kerajaan dari barat. Karenanya nagara Maroko lokasinya paling barat Afrika. Dan juga dijuluki sebagai ‘bumi para wali’,

Melahirkan 6 Tarekat

Maroko merupakan negara Islam yang melahirkan enam tarekat (thariqah) besar di dunia, yaitu tarekat yang merujuk pada aliran tasawuf atau sufisme.

Seperti nama ulama ahli tasawuf; Imam Al-Jazuli. Seorang wali besar pengarang kitab shalawat Dalail Khairat. Kemudian ada nama Imam Ahmad At-Tijani (pendiri tarekat Tijaniyah) dan banyak lagi ulama lainnya.

Sistem Negara yang Multiple

Maroko menjadi negara di ujung barat Afrika yang berpenduduk mayoritas Islam (99%), kristen dan Yahudi (1%). Dan negara ini memberlakukan hukum Islam.

Maroko sendiri berdekatan dengan Tunisia dan berbatasan langsung dengan Spanyol. Mayoritas muslim Maroko merupakan Sunni yang menganut paham Ahlussunnah Wal Jamaah.

Pusat Pendidikan Islam

Maroko juga menjadi salah satu tujuan bagi para penuntut ilmu untuk mendalami ilmu Islam. Karena di negara ini banyak lembaga pendidikan Islam bersejarah dan terkenal seperti Universitas Hasan Il Casablanca, Universitas Muhammad V di Kota Robot, Institut Dor Al-Hadist Al-Hassaniyah,Universitas Quarauiyine (Al Qarawiyyin) merupakan universitas tertua di Maroko yang dibangun oleh Fatimah al-Fahriyah.

Baca lagi  Apple Hapus Aplikasi Qur'an di China, Mengejutkan Warga Muslim

Akar Budaya yang Beragam 

Maroko mempunyai sejarah yang berbeda dengan negara-negara Afrika lainnya. Negara ini memiliki kebudayaan campuran antar budaya Arab, Eropa, dan Berber.

Bahasa                                                                                                                                                              Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa nasional resmi Maroko. Bahasa Arab digunakan oleh 2/3 populasi, dan diajarkan di sekolah-sekolah. Bahasa Amazigh dikenal dengan Tamazight, menjadi bahasa resmi sejak  2011.

Kemudian bahasa Prancis, bahasa Spanyol dan bahasa Inggris menjadi bahasa sekunder yang  banyak digunakan secara luas masyarakat Maroko.

Maroko wilayahnya berbatasan dengan negara Spanyol

Pariwisata

Maroko memiliki sejumlah kota utama yang menjadi primadona turis dunia, yakni Rabat, Marakesh, Casablanca, dan Fez Media, serta Chefchaouen.

Rabat merupakan ibu kota Maroko. Selain itu ada kota Fez, Meknès, dan Marrakesh, mereka merupakan kuartet dari kota kekaisaran dari bangsa Afrika.

Seperti di Casablanca memiliki ciri khas dengan dominasi bangunan bergaya Art Deco. Kota ini merupakan pusat perekonomian, industri, sekaligus pusat budaya dari kota Maroko.

Kemudian Fez identik sebagai kota spiritual dan budaya di Maroko. Sebelum Rabat menjadi ibu kota Maroko, Fez lebih dulu memiliki peran itu.

Kota Fes terdiri dari dua bagian, yaitu kota baru dan kota lama. Fez meiliki area yang hanya bisa dimasuki dengan jalan kaki atau naik sepeda. Kota ini tak ada akses untuk kendaraan roda empat.

Sumber: CNN, Reuters

ARIEF RAHMAN MEDIA

 

Related posts

Kepercayaan Wisatawan Asing pada Indonesia Menurun

adminJ9

Mimpi City yang Berambisi Juarai Liga Champions Musim ini Kandas

adminJ9

Tim Indonesia Targetkan Lolos Ke Perempatfinal Asian Nation Chess Cup Online 2020

adminJ9