Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Sering Mengigau Saat Tidur, Bisa Disebabkan Stres dan Gangguan Otak?

Ilustrasi orang tidur sedang mengigau

JAKARTA, jurnal9.com – Saat tidur sering mengigau merupakan gangguan yang disebabkan karena adanya masalah pada fungsi otak. Kondisi ini disebut dengan Rapid Eye Movemenet (REM) sleep behaviour disorder.

Orang yang mengigau saat tidur, biasanya suka berbicara yang tak jelas. Ini dianggap sebagai jenis parasomnia (yaitu, perilaku abnormal yang terjadi saat tidur).

Dikutip dari hasil survei American Academy of Sleep Medicine (AASM), disebutkan jika terjadi sesekali saja, tidak perlu dikhawatirkan.

Tetapi kalau seseorang itu sering mengigau, berbicara saat tidur, disertai rasa gelisah, bisa jadi ini sebagai tanda sedang stres. Dan seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya saat tidur lebih sering terbangun.

Kalau ini sering terjadi saat tidur, maka akan menyebabkan kurang tidur. Dan ini dapat meningkatkan hormon stres seperti kortisol. Selanjutnya mengganggu pola tidurnya.

“Kalau anda sering mengigau saat tidur. Dan tanpa ada masalah. Kemungkinan besar anda bisa mengalami stres,” kata Dr. Kelly Glazer Baron, PhD, MPH, psikolog klinis ini.

“Kalau stres menyebabkan anda lebih sering mengigau. Kalau anda saat tidur sering menderita seperti ini, coba anda melakukan kompres sebelum tertidur,” ia menambahkan.

Baron menyarankan saat menjelang tidur batasi untuk mengurangi menatap layar komputer atau handphone. Hindari paparan cahaya berlebihan di kamar sebelum tidur. “Lebih penting lagi, anda batasi kafein dari waktu sore hingga menjelang tidur,” ujar Baron.

Minum minuman beralkohol di malam hari atau sebelum tidur, kata dia, tidak hanya mempengaruhi kualitas tidur, tapi bisa menyebabkan seseorang mudah mengigau saat tidur.

Sebuah studi pada Agustus 2019, ditemukan bahwa minum alkohol dalam waktu empat jam sebelum tidur menyebabkan tidur terganggu. “Kalau ini dilakukan, anda akan sering mengigau dan terbangun dari tidur,” kata Baron.

Baca lagi  Pro Kontra Amicus Curiae di Sidang Sengketa Pilpres 2024

Sleep apnea

Kadang orang yang sering mengigau bisa menimbulkan masalah gangguan kesehatan yang lebih serius, yaitu menderita sleep apnea. “Sleep apnea adalah suatu kondisi seseorang mengalami berhenti bernapas (dalam waktu singkat) saat tidur, karena terjadi penyumbatan saluran napas,” kata psikolog klinis ini.

Gejala orang yang mengalami sleep apnea:

Biasanya sering lelah, bahkan saat tidur. Sering ngantuk pada siang hari, mendengkur, dan mengalami gangguan suasana hati.

Bahkan mengalami gangguan pada fungsi otak, sering bangun tidur di tengah malam, gangguan pernapasan yang tidak biasa, insomnia, dan sering merasa gelisah di malam hari.

Stres karena pengaruh kurang tidur, juga mengalami disfungsi seksual. Bangun tidur dengan merasakan sesak napas, dan sakit kepala atau demam.

Saat seseorang menderita demam itu biasanya respon imun tubuhnya meningkat di saat malam hari. Sehingga sering bangun tidur sambil mengigau.

RAFIKI ANUGERAHA M

Related posts

Ini Penjelasan Gus Baha Soal Misteri Lailatul Qadar; Malam Lebih Mulia dari Seribu Bulan

adminJ9

Ketua KPU Hasyim Asy’ari yang Langgar Kode Etik Agar Dipecat Secara Tidak Terhormat

adminJ9

Positivity Rate Jatim Turun, Kini Tersisa 4 Daerah yang Berada Zona Assestment Level 4

adminJ9