Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Sering Sakit Kepala Saat Bangun Tidur? Waspada! Bisa karena Penyakit Ini

Ilustrasi sakit kepala saat bangun tidur pagi

JAKARTA, jurnal9.com – Ternyata seseorang yang mengalami dehidrasi saat tidur, bisa menyebabkan sakit kepala ketika bangun di pagi hari. Karena saat tubuh mengalami dehidrasi, jaringan otak akan kehilangan cairan.

Dikutip dari Medical News Today, menyebutkan seseorang yang kekurangan cairan atau dehidrasi saat tidur di malam hari, rentan mengalami sakit kepala ketika bangun tidur di pagi hari.

Dehidrasi

Pertama, orang yang mengalami dehidrasi di malam hari, biasanya ditandai sering haus, mulut kering, bibir kering dan kelelahan.

Dehidrasi yang dialami seseorang di malam hari itu bisa terjadi karena kekurangan cairan sejak siang hari. Atau bisa juga sebelum tidur, banyak mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Sehingga saat tidur banyak keringat yang keluar dan menyebabkan dehidrasi.

Tekanan darah turun

Bisa juga orang yang sakit kepala saat bangun tidur, karena tekanan darah turun akibat perubahan posisi tidur. Dari berbaring langsung bangun berdiri.

Tekanan darah turun ini disebut hipotensi atau ortostatik.

Gejala hipotensi ini biasanya ditandai pandangan mata melihat di sekelilingnya terasa berputar. Pandangan kabur. Dan merasa seperti mau pingsan.

Orang yang sering mengalami hipotensi atau tekanan darah turun ini hendaknya jangan langsung berdiri saat bangun tidur di pagi hari.

Gula darah rendah

Hati-hati ! juga orang yang sering sakit kepala saat bangun tidur pagi, gejala ini bisa terjadi karena gula darah rendah atau hipoglikemia. Dan ini menjadi pertanda kalau anda bisa menderita diabetes.

Gejala kadar gula darah rendah ini biasanya juga mengalami sering sakit kepala, badan gemetaran, lemas, penglihatan mata kabur, susah konsentrasi dan sering berkeringat dingin.

Infeksi telinga

Sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari, bisa terjadi karena anda menderita infeksi telinga. Dan ini bisa memicu peradangan di telinga bagian dalam atau disebut labirin. Biasanya bisa muncul setelah pilek atau flu.

Baca lagi  Penuhi Kebutuhan Gizi dan Berpikir Positif agar Sistem Kekebalan Tubuh Meningkat

Sleep apnea

Bisa juga anda sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari, karena berasal dari gangguan tidur atau sleep apnea.

Orang yang mengalami sleep apnea ini bisa mempengaruhi kadar oksigen dalam darah. Biasanya ditandai tidur mendengkur, terengah-engah saat tidur, sering buang air kecil di malam hari, mulut kering dan pusing saat bangun tidur di pagi hari.

Dan perlu waspada! jika anda menderita sleep apnea yang berkepanjangan, bisa menyebabkan risiko penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, dan asma.

Efek samping minum obat

Bisa jadi anda sering sakit kepala saat bangun tidur di pagi hari, karena efek samping minum obat pada malam harinya. Sehingga saat bangun tidur, merasakan sakit kepala.

Biasanya obat yang berefek samping; sakit kepala saat bangun tidur ini, yaitu sehabis minum obat antibiotik, deuretik, obat nyeri, anti epilepsi, obat imunosupresan, antipsikotik dan obat antiretroviral.

Hindari minum obat jenis seperti yang disebut di atas. Dan jika sehabis minum obat ini kemudian anda merasaan sakit kepala, sebaiknya perlu periksa ke dokter.

RAFIKA ANUGERAHA M  

Related posts

UU Cipta Kerja Lemahkan Kewenangan MUI dalam Menentukan Produk Halal

adminJ9

Dirut RS dr Soetomo Surabaya Tanggapi Keluhan Risma

adminJ9

Dalam RUPS 2023 ini Suparma Putuskan Tidak Membagikan Deviden

adminJ9