Jurnal9.com
Headline News

Paket Pelatihan Kartu Prakerja Dihentikan, Ini Penjelasan Pemerintah

Hari ini, Kamis (2/7), Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja meluruskan bahwa penghentian dari pelatihan kartu prakerja hanya untuk paket bundling saja.

JAKARTA, jurnal9.com –  Pemerintah akhirnya menjelaskan terkait dengan hasil evaluasi paket pelatihan Program Kartu Prakerja yang selama ini mendapat sorotan masyarakat karena menimbulkan polemik.  Bahkan KPK pun mendesak untuk memberhentikan kartu prakerja karena berindikasi korupsi.

Akhirnya pemerintah melalui Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja memutuskan untuk menghentikan paket pelatihan Program Kartu Prakerja terhitung mulai Selasa (30/6).

Menurut surat edaran terkait kebijakan tersebut, keputusan pemerintah itu diambil setelah mengevaluasi pelaksanaan pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan Program Kartu Prakerja.

Mulai hari ini, Kamis (2/7), Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja meluruskan bahwa penghentian dari pelatihan kartu prakerja hanya untuk paket bundling saja.

Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana, Panji Winanteya Ruky menjelaskan program pelatihan Kartu Prakerja memiliki ribuan jenis pelatihan yang variatif.  Untuk paket bundling yang dihentikan ini hanya sebagian kecil dari seluruh pelatihan yang ditawarkan. Sehingga peserta pelatihan tetap memiliki kebebasan untuk memilih jenis pelatihan sesuai minat dan kebutuhan mereka.

“Penghentian paket [bundling] pelatihan tidak berdampak terhadap program Kartu Prakerja secara keseluruhan. Program Kartu Prakerja tetap berjalan sesuai arahan Komite Cipta Kerja,” tegas Panji dalam keterangan tertulisnya.

Dia menambahkan penghentian khusus paket bundling berlaku efektif mulai tanggal 30 Juni dan tidak berlaku surut, sehingga insentif peserta yang dulunya mengambil paket pelatihan bundling akan terus berjalan seperti biasa.

Mitra platform digital serta lembaga pelatihan yang telah menjual paket pelatihan bundling hingga 30 Juni pun tetap akan menerima pembayaran atas pelatihan yang telah diselenggarakannya.

“Kami sampaikan lagi bahwa pemberhentian tipe paket bundling ini merupakan salah satu langkah dalam menerapkan tata kelola program yang baik,” tegas Panji.

Baca lagi  Daerah PPKM Level 3 dan 2, Pusat Perbelanjaan Boleh Buka, Daerah Mana Saja?

Hal ini dimaksud agar para peserta benar-benar mendapatkan manfaat dari program ini tanpa membatasi kebebasan para peserta untuk memilih ribuan jenis pelatihan lainnya.

RAFIKI ANUGERAHA M

Related posts

Sikap Netral Media dan Facebook di Pilres AS yang Blokir Informasi Sesat-Hoax

adminJ9

Waduh! Wagub NTB Sudah Dua Kali Disuntik Vaksin, Dinyatakan Positif Covid-19

adminJ9

Atta–Aurel Lakukan Sesi Pemotretan, untuk Persiapan Nikah Digelar Akhir Tahun?

adminJ9