Jurnal9.com
News

Kaesang Beri Mahar Cuma Rp300 Ribu pada Erina Gudono, Kalau Rp 100 juta Mahal

Erina Gudono dan Kaesang Pangarep

SOLO, jurnal9.com – Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep mengatakan kepada wartawan bahwa dirinya akan memberikan mahar kepada calon istrinya Erina Gudono berupa alat shalat dan uang sebesar Rp300.000.

“Ya itu memang betul maharnya seperti itu, nanti ada tambahan lagi,” kata Kaesang di sela mengikuti gladi bersih pernikahan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Sleman, Selasa 6 Desember 2022

Pernikahannya akan digelar pada Sabtu 10 Desember 2022 di Pendopo Hotel Ambarrukmo Sleman Yogyakarta.

Kaesang mengaku tak ada maksud atau makna khusus di balik mahar Rp300 ribu untuk pernikahannya itu.

“Kenapa kok cuma Rp300.000? Ya kepinginnya Rp300.000 saja. Sebab kalau maharnya Rp 100 juta kan mahal sekali,” kata Kaesang berseloroh.

Kaesang juga mengatakan dalam prosesi akad nikahnya akan digelar dengan jumlah tamu undangan terbatas. Berbeda dengan konsep pesta rakyat saat ngunduh mantu di Solo pada Ahad, 11 Desember 2022.

“Di Pendopo Ambarrukmo prosesinya hanya akad, panggih, setelah itu resepsi kecil, foto-foto untuk undangan. Dan tamu yang diundang hanya 150 orang saja,” ujar Kaesang.

Sementara itu untuk acara akad nikah di Yogyakarta, Kaesang dan Erina akan menggunakan adat Yogyakarta. Sedangkan acara di Solo menggunakan adat Solo.

“Siraman saya pakai adat Solo, midodareni juga,” kata Kaesang.

Rangkaian pernikahan Kaesang-Erina di Yogyakarta dimulai pada 8 Desember berupa semaan Al-Quran mulai pukul 12.00 WIB hingga pengajian pukul 15.00 WIB di kediaman Erina Gudono.

Sehari kemudian, akan berlangsung prosesi siraman untuk Erina mulai pukul 09.00 WIB dlanjutkan upacara pemasangan atribut bleketepe, tuwuhan, dan malamnya dilangsungkan prosesi midodareni.

Presiden Jokowi dijadwalkan hadir di rumah Erina saat midodareni ini. Adapun pada 10 Desember akad nikah akan digelar di Pendopo Royal Ambarrukmo mulai pukul 13.00 WIB.

Baca lagi  Sri Untari: DKI Belajarlah dari Jawa Timur yang Tidak Perlu Menarik Rem Darurat

Terakhir pada 11 Desember 2022 dilangsungkan acara ngunduh mantu di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah.

RAFIKI ANUGERAHA M

Related posts

Bamsoet: Pemda Turun ke Permukiman Awasi Warga Jalani Protokol Kesehatan

adminJ9

Kontroversi Jaksa Agung Larang Terdakwa Pakai Atribut Agama dalam Persidangan

adminJ9

Netizen: Pidato Megawati Sudah Nggak Runut, Lompat-Lompat, dan Rasis

adminJ9