Jurnal9.com
Headline News

Rakyat Sudah Cerdas, Tak Mau Pilih Capres yang Bisa Diatur Seperti Boneka

Calon presiden 2024, Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

JAKARTA, jurnal9.com – Dari hasil survei sebenarnya, menunjukkan elektabilitas Ganjar Pranowo berada di bawah Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Demikian paparan yang disampaikan tanpa merinci angka hasil surveinya.

“Angka yang jujur ini tak dipublish supaya tak menimbulkan konflik dengan survei lainnya. Tapi dari hasil survei yang sebenarnya, ya.. itu yang jujur. [bukan survei pesanan]. Urutannya seperti itu,” demikian yang disampaikan pegiat media sosial Eko Widodo.

Dia menyebutkan bahwa rakyat sekarang ini sudah cerdas, sehingga tidak ingin memilih calon presiden (capres) yang bisa diatur seperti boneka.

“Ganjar dalam surveinya terjun bebas tersungkur di bawah Anies dan Prabowo. Rakyat sudah cerdas ogah pilih capres boneka,” tulis dia dalam akun Twitter miliknya @ekoboy2, Senin (19/6/2023).

Rupanya pegiat media sosial ini menyindir Ganjar yang dianggap capres sebagai petugas partai. Dan dianggap seperti boneka.

Tetapi kalau mengutip beberapa hasil survei, salah satunya dari Indonesia Political Opinion periode Juni 2023 ini, menurut Eko, nama Prabowo Subianto berada di elektabilitas tertinggi dibanding bakal calon presiden Anies dan Ganjar.

Dalam semua jenis simulasi survei, kata dia, Prabowo berada di urutan teratas. Diikuti Anies Baswedan urutan kedua, dan Ganjar Pranowo di urutan ketiga.

Dalam skema pilihan 40 nama semi terbuka, Prabowo unggul dengan elektabilitas 27,3 persen. Sementara Anies 24,6 persen dan Ganjar 16,2 persen.

Kemudian dalam skema 20 nama tertutup, elektabilitas Prabowo tetap unggul, yakni 28,5 persen, disusul Anies 24,9 persen dan Ganjar hanya 18,6 persen.

Pada skema pilihan 10 nama tertutup, elektabilitas Prabowo mencapai 32,5 persen, diikuti Anies 25,8 persen dan Ganjar 21 persen.

Baca lagi  Samsung Luncurkan Aplikasi C-Safe untuk Deteksi Lokasi Penyebaran Virus Corona

Masuk skema pilihan 5 nama tertutup, Prabowo tetap unggul dengan elektabilitas 34,9 persen, kemudian disusul Anies 25,9 persen dan Ganjar 24,1 persen.

Boleh melihat hasil survei, tapi riilnya sebenarnya bisa dilihat saat calon presiden ini berkunjung ke daerah-daerah. Nanti akan kelihatan dari luapan massa pendukungnya memenuhi ruang atau lapangan, tempat yang dikunjunginya.

GEMAYUDHA M    

Related posts

Sri Mulyani Yakin Ekonomi 2021 Mampu Tumbuh Hingga Kisaran 5 persen

adminJ9

Ledakan Bom di Jeddah Dirancang untuk Serang Konsulat Prancis

adminJ9

Gubernur Sultra Sempat Tolak TKA China, Kenapa Akhirnya Diizinkan?

adminJ9