Jurnal9.com
Headline News

Nurdin Halid Undang Presiden Jokowi dalam Acara Harkopnas Virtual 2020

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid mengundang Presiden Joko Widodo dalam acara Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) virtual yang berlangsung pada 12 Juli 2020 nanti.

JAKARTA, jurnal9.com –  Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) berenca menggelar secara vitual peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2020 yang berlangsung pada 12 Juli mendatang. Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid akan mengundang Presiden Jokowi dalam acara Harkopnas virtual tersebut.

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid menjelaskan, saat terjadi pandemi corona atau covid-19, gerakan koperasi Indonesia harus kreatif dan produktif.

“Kita harus menyelenggarakan peringatan hari koperasi karena sangat bernilai dan bersejarah. Wajib hukumnya menjaga marwah organisasi,” katanya beberapa waktu lalu.

Menurut dia, sejarah Hari Koperasi 12 Juli tidak boleh terhenti di tahun 2020 hanya karena Covid-19. Sebaliknya, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Harkopnas 2020 justru momentum emas menghadirkan banyak orang.

Peringatan Hari Koperasi juga akan diperingati secara virtual di tingkat daerah. Wakil Ketua Umum Golkar itu meminta Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) di tingkat provinsi dan Dewan Koperasi Daerah (Dekopinda) di tingkat kabupaten/kota berkolaborasi dengan Pemda untuk menggelar Harkopnas secara virtual.

Hari Koperasi Nasional 2020 mengusung tema ‘Era New Normal Momentum Kebangkitan Koperasi Sebagai Rumah Besar Pemberdayaan UMKM.’

“Dekopin pusat berharap peringatan Harkopnas 2020 akan memberikan energi positif baru bagi Gerakan Koperasi di masa new normal Covid-19. Gerakan Koperasi harus menjadi mesin penggerak UMKM, petani, peternak, petambak, pengrajin, pedagang kecil, dan nelayan di daerah-daerah. untuk bangkit dan terus bergerak maju,” kata Nurdin Halid.

Harkopnas juga momentum bagus bagi gerakan koperasi untuk memanfaatkan dampak positif revolusi industri 4.0.  Covid-19 juga momentum untuk mengubah cara kerja dan cara berorganisasi Dekopin dan koperasi yang lebih efektif dan efisien seperti rapat pengurus dan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Rapat dan acara seremonial terbukti bisa dilakukan secara virtual.

Baca lagi  “Siapa pun Pasangan Saya yang Mau Dipasangkan oleh Partai, Saya Harus Siap”

“Bukan hanya bagi Dekopin dan koperasi, negara juga bisa menghemat dana APBN yang selama ini dipakai untuk rapat dan acara seremonial. Pengalaman 5 bulan terakhir telah membuktikan itu, ujar Nurdin Halid.

Hari Koperasi yang diperingati setiap 12 Juli merupakan satu dari 10 keputusan penting dalam Kongres Koperasi I pada 11-14 Juli 1947 di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kongres bersejarah itu digelar di masa Perang Kemerdekaan dan dihadiri sekitar 500  utusan dari sekitar 2.160 koperasi seluruh Indonesia. Kongres yang dibuka oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta tersebut, juga menetapkan Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) sebagai wadah tunggal gerakan koperasi di wilayah hukum NKRI. 11Sejak 1968, SOKRI berubah menjadi Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Peringatan Hari Koperasi Nasional digelar setiap tahun dengan tuan rumah secara bergiliran. Dalam program Dekopin 2020, tuan rumah Harkopnas adalah Sulawesi Utara. Namun karena wabah Covid-19, Sulawesi Utara telah diputuskan menjadi tuan rumah Harkopnas pada tahun 2021.

MULIA GINTING

 

Related posts

Jumlah Penduduk Indonesia Terbaru Tembus 271,35 juta Jiwa

adminJ9

Utang Pemerintahan Jokowi Terus Membengkak Tembus Rp 6.074 triliun

adminJ9

Saat Arus Balik, Pemudik yang tak Punya SIKM Tidak Boleh Masuk Jakarta

adminJ9