Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Ini Tanda dan Gejala Awal Diabetes yang Sering Tak Disadari

Ilustrasi penderita diabetes yang merasakan mual

JAKARTA, jurnal9.com – Gejala awal diabetes biasanya diketahui dari kadar glukosa dalam darah yang lebih tinggi dari normal. Tanda-tanda yang banyak orang yang belum mengetahui itu; seperti mudah lapar dan cepat letih dari biasanya.

Jika tanda-tanda awal diabetes ini sering tidak terasa, nantinya akan sulit terdeteksi oleh seseorang. Padahal dalam tubuhnya sudah mengidapnya, sehingga kerusakan jangka panjang yang disebabkan diabetes ini terabaikan.

Dari artikel yang dilansir WebMD pada Kamis (9/6/2022) menyebutkan guna mengenali tanda dan gejala awal diabetes itu segera cara penanganan yang tepat, seperti berikut ini:

Gejala awal diabetes

Diabetes memiliki dua jenis, yaitu tipe 1 dan 2. Kedua jenis diabetes ini memiliki beberapa tanda dan gejala yang berbeda.

Kenapa gejala awal biasanya mudah lapar dan letih?

Prosesnya, tubuh mengubah makanan menjadi glukosa yang digunakan sel-sel untuk energi. Dan.sel-sel ini membutuhkan insulin untuk mengambil glukosa. Namun jika tubuhnya tidak membuat cukup insulin, maka saat sel-sel menolak insulin yang dibuat tubuh, maka glukosa tak dapat masuk ke dalamnya. Sehingga tubuh tidak memiliki energi. Dan efeknya membuat tubuh mudah lapar dan cepat letih dari biasanya.

Sering kencing dan haus

Selain itu sering kencing dan haus. Ini sudah umum, gejala awal orang akan mengalami sering buang air kecil. Bisa sampai empat dan tujuh kali dalam waktu 24 jam sehari semalam.

Makanya orang yang menderita diabetes sering haus. Mengapa? Karena tubuh menyerap kembali glukosa saat melewati ginjal. Namun saat diabetes mendorong gula darah naik, maka ginjal seseorang tidak dapat mengembalikan semuanya.

Akibatnya tubuh membuat lebih banyak urin, dan itu membutuhkan cairan. Karena itu penderita diabetes sering buang air kecil dan menjadi haus. Ketika minum air lebih banyak, juga akan mengalami buang air kecil lebih banyak.

Baca lagi  Banyak Orang yang Tak Sadar Kena Diabetes, Kenali Gejalanya Berikut ini

Mulut kering dan kulit gatal

Kemudian mulut kering dan kulit gatal  Karena tubuh menggunakan cairan untuk buang air kecil, kelembaban untuk hal lain menjadi berkurang. Sehingga bisa mengalami dehidrasi, dan mulut terasa kering. Kulit kering bisa membuat kulit gatal.

Penglihatan kabur

Mengubah kadar cairan dalam tubuh seseorang bisa membuat lensa di mata membengkak. Berubah bentuk dan tidak bisa fokus

Gejala khusus diabetes tipe 2

Ini cenderung muncul setelah glukosa seseorang tinggi untuk waktu yang lama.

Infeksi ragi

Pria maupun wanita yang menderita diabetes bisa merasakan gejala infeksi ragi. Ragi memakan glukosa, jadi memiliki banyak di dalam tubuh membuatnya berkembang. Infeksi dapat tumbuh pada lipatan kulit yang lembab, seperti jari tangan dan kaki, di bawah payudara, dan di dalam organ seks.

Luka yang lambat sembuh

Seiring waktu, gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi aliran darah dan menyebabkan kerusakan saraf yang membuat tubuh sulit untuk menyembuhkan luka.

Mengalami nyeri atau mati rasa di kaki atau tungkai. Ini bagian lain dari kerusakan saraf.

Gejala khusus diabetes tipe 1

Biasanya terjadi penurunan berat badan. Ini terjadi saat tubuh tidak bisa mendapatkan energi dari makanan. Akibatnya mulai membakar otot dan lemak untuk energi. Dan terjadi penurunan berat badan, meski tidak mengubah pola makan. Perlu diperhatikan makanan mana yang tinggi asam lemak trans.

Mual dan muntah

Saat tubuh menggunakan pembakaran lemak, itu membuat keton. Ini dapat menumpuk di darah ke tingkat yang berbahaya, kondisi yang mungkin mengancam jiwa yang disebut ketoasidosis diabetikum. Keton dapat membuat seseorang akan merasakan mual.

RAFIKA ANUGERAHA M

Related posts

Andi Taufan Mundur dari Stafsus Presiden, Setelah Mendapat Tekanan Publik

adminJ9

Ini Strategi Indonesia Menghadapi Serangan Virus Corona Lawan Ekonomi

adminJ9

Survei McKinsey Menyebutkan Ekonomi Indonesia Diprediksi Cepat Pulih

adminJ9