Jurnal9.com
Business

IKA Ikopin, MoU Pemberdayaan UMKM Kelautan dan Perikanan, Momentum Tepat

Direktur Utama Bank BNI dan Ketua IKA Ikopin Adri Istambul LG Sinulingga 

JAKARTA, jurnal9.com –  Ketua Ikatan Keluarga Alumni Institut Koperasi Indonesia (IKA Ikopin) Adri Istambul LG Sinulingga mengatakan MoU antara Bank BNI dengan Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi serta Perusahaan Umum Perikanan Indonesia adalah momentum kebangkitan usaha nelayan dan industri turunannya.

“Bahwa pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dilibatkan dan diprioritaskan dalam MoU, adalah langkah sangat tepat,” ujar Adri Istambul Lingga Gayo Sinulingga, pada Selasa (1/9).

MoU antara PT Bank Negara Indonesia (BNI) dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi serta Perusahaan Umum Perikanan Indonesia mengedepankan peranan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya di sektor kelautan dan perikanan.

“Artinya pemberdayaan UMKM sektor perikanan secara hulu dan hilir, bisa diharapkan koperasi sebagai pemain utama agregator ekosistem itu,” kata Adri Istambul.

Tim pendampingan UMKM bisa dari koperasi maupun alumni Ikopin yang sudah terakreditasi Kementerian Koperasi dan UKM yang siap dimaanfaatkan BNI melalui MoU tersebut.

Dalam konteks MoU, BNI hadir memberikan solusi layanan perbankan dari hulu ke hilir. Manfaatnya, bagi ekosistem perikanan yang diinisiasi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi bersama Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perindo).

Direktur Utama BNI, Herry Sidharta mengatakan akan terus mengawal pemberdayaan pelaku usaha sektor kelautan dan perikanan.

“UMKM yang bergerak di sektor ini, kelautan dan perikanan, menghubungkan hasil tangkapan nelayan ke pasar e-commerce dan pasar ekspor,” katanya

MULIA GINTING

Baca lagi  Koperasi harus Mampu Menjadi Soko Guru Perekonomian Bangsa

Related posts

Ketika Bank Konvensional Berubah Haluan Menjadi Bank Syariah yang Kuasai Pasar

adminJ9

UMKM Berpenghasilan di Bawah Rp500 juta Per Tahun Kini Tidak Kena PPh Lagi

adminJ9

KemenkopUKM akan Menyiapkan Rumah Produksi Bersama Olahan Nanas di Kab Subang

adminJ9