Jurnal9.com
Business

Koperasi harus Mampu Menjadi Soko Guru Perekonomian Bangsa

SURABAYA, jurnal9.com –  Dalam membangun perekonomian nasional, pemerintah harus kembali kepada Pasal 33  UUD 1945 yang menegaskan bahwa perekonomian harus disusun     sebagai usaha bersama berdasarkan azas kekeluargaan.

“Saya melihat banyak hal yang perlu dilakukan pemerintah untuk membenahi koperasi, sehingga mampu menjadi soko guru perekonomian bangsa,” kata Burhanuddin Abdullah, Rektor Institut Manajemen Koperasi Indonesia (Ikopin) Sumedang , Jawa Barat, dalam siaran persnya.

Mantan Gubernur Bank Indonesia dan Menko Perekonomian ini menegaskan regulasi harus dirapikan supaya bisa memperkuat posisi koperasi, kemudian pendidikan anggotanya ditingkatkan, begitu pun kemampuan pengurusnya ditingkatkan.

“Negara harus hadir dan tidak membiarkan lebih banyak lagi koperasi yang mengalami keterpurukan,”  kata Burhanuddin usai acara silaturahmi dengan pengurus dan Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Ikopin, Adri Istambul Lingga Gayo Sinulingga.

Sementara itu Ketua Umum IKA Ikopin, Adri Istambul LG Sinulingga mengatakan alumi Ikadin di seluruh Indonesia siap tenaga dan pikirannya untuk membantu pemerintah dalam memajukan koperasi di tanah air.

“Baik lewat pendidikan dan pelatihan, riset maupun sinergi pengembangan usaha koperasi,” ujarnya..

Langkah yang dilakukan IKA Ikopin adalah melakukan pembinaan terhadap koperasi-koperasi yang ada melalui pemberdayaan  dan menggagas digitalisasi usaha koperasi dari sisi finansial technology (fintech) maupun e-recrutmen.

“Semua akan menggunakan sistem digitalisasi. Dan ini akan dilakukan serentak di semua koperasi besar, menengah dan kecil. Kami akan prakarsai koperasi produksi dan koperasi perumahan yang dibina IKA Ikopin,” ujar dia.

comm/RAFIKI ANUGERAHA M

 

Baca lagi  IKA Ikopin, MoU Pemberdayaan UMKM Kelautan dan Perikanan, Momentum Tepat

Related posts

MenkopUKM Apresiasi Pelatihan Vokasional Kopi Untuk Tingkatkan Kualitas SDM

adminJ9

Spanyol, Prancis, dan Jerman Resesi, Ekonomi Eropa Makin Suram

adminJ9

Pembagian Dana Hibah Pariwisata: Pemda 30%, Perhotelan dan Restoran 70% atau Rp2,3 triliun

adminJ9