Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Cara Menjaga Kesehatan Jantung Sehari-hari

Angkat kaki ke dinding dapat membantu sirkulasi darah dan cairan limfatik

JAKARTA, jurnal9.com – Jika seseorang dalam kesehariannya lebih banyak duduk daripada berdiri; seperti para pekerja di kantor yang duduk dalam waktu yang lama, mereka ini perlu menyeimbangkan dengan banyak melakukan gerakan tubuh.

Misal setelah menjalankan pekerjaan dengan duduk dalam waktu yang lama, mereka harus berdiri, lalu berjalan kaki di dalam ruangan kantor. Ini bisa dilakukan dalam waktu 5 sampai 10 menit.

Gerakan tubuh seperti ini perlu dilakukan guna menjaga jantung yang sangat vital untuk memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Sebab ketika seseorang duduk dalam waktu yang lama, aliran darah ke seluruh tubuh tidak optimal. Ini dapat mempengaruhi kesehatan kardiovaskular. Tetapi tidak berarti akan gagal.seseorang yang sedang bekerja [banyak duduk].

Seperti dikutip dari laman Mind Body Green, ada kebiasaan lain yang mudah diadopsi untuk dilakukan agar aliran darah dan oksigen tetap baik setiap hari. Sejumlah ahli jantung merekomendasikan seperti berikut ini:

  1. Berdiri dan berjalan

Scott Braunstein, direktur medis di Sollis Health, menganjurkan untuk melakukan gerakan tubuh dengan berjalan kaki untuk meningkatkan aliran darah.

Jika saat sedang bekerja di kantor tak bisa melakukan hal itu, maka harus meluangkan waktu di hari libur kerja; seperti saat weekend, untuk berjalan kaki  beberapa jam.

  1. Peregangan

Selain berjalan, ada beberapa peregangan duduk yang direkomendasikan Braunstein untuk fungsi vaskular yang sehat

– Putar pergelangan kaki dan pergelangan tangan: memutar pergelangan kaki [atau pergelangan tangan] 360 derajat berulang kali. Ini juga termasuk cara yang sangat efektif untuk mengalirkan darah ke kaki dan tangan.

– Ankle pump:
Ini bisa dilakukan dengan berdiri (mengangkat tumit atau jari kaki) atau duduk.

Baca lagi  Waduh! Alvin Faiz Baru Becerai, Kini Sudah Menikah lagi dengan Henny Rahman?

Ini juga merupakan cara bagus untuk meregangkan betis dan meningkatkan aliran darah ke kaki dan jari kaki.

– Lutut fleksi dan ekstensi:
Jika di kantor memiliki ruangan,  melenturkan dan melonjorkan lutut. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan sirkulasi ke ekstremitas bawah.

Tapi jika berada di rumah, berikut ini ada beberapa peregangan yang membutuhkan sedikit lebih banyak ruangan:

– Kaki diangkat ke dinding:
Saat kaki direntangkan ke dinding, ini posisi lebih tinggi dari jantung. Dan gravitasi dapat membantu sirkulasi darah dan cairan limfatik.

Cara ini juga dapat memanfaatkan momen untuk mengistirahatkan pikiran setelah sibuk bekerja dalam hari-hari yang panjang.

– Aliran yoga 5-pose:
Aliran yoga lima-pose ini juga dapat meningkatkan aliran darah. Sebab aliran darah dapat membantu seseorag merasa berenergi dan meningkatkan kinerja fisik dan mental. Dan yoga bisa menjadi alat efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah

  1. Makan makanan yang menyehatkan jantung

Pertama: buah jeruk. Ini mengandung antioksidan, termasuk flavonoid, yang menurut Braunstein memberikan manfaat antioksidan, mendukung respons peradangan yang sehat, dan meningkatkan oksida nitrat yang dapat meningkatkan aliran darah.

Bawang putih dan bawang merah, yang memiliki sifat anti-inflamasi intrinsik yang serupa, juga telah terbukti meningkatkan efisiensi aliran darah.

Penelitian menunjukkan asam lemak omega-3 dalam ikan seperti salmon, mackerel, ikan teri, sarden, dan herring (alias SMASH) dapat mendukung fungsi vaskular dan meningkatkan hasil kesehatan kardiovaskular.

Selain itu dokter dan ahli biologi vaskular William Li, juga menyebutkan teh, sayuran silangan, bit, dan cokelat hitam sebagai makanan pendukung sirkulasi darah dan oksigen.

RAFIKA ANUGERAHA M

Related posts

Zulkifli Hasan Ungkap Isu Amandemen 1945 Dibahas dalam Pertemuan di Istana

adminJ9

Busyro Pertanyakan Pola Penanganan Perkara dengan Penggunaan Kekerasan Senjata Api

adminJ9

Orang yang Alami Gangguan Penciuman, Hati-Hati! Ini Bisa Jadi Gejala Baru Covid-19?

adminJ9