Jurnal9.com
News

Bamsoet: Pemda Turun ke Permukiman Awasi Warga Jalani Protokol Kesehatan

Sangat ideal jika pemerintah daerah tidak hanya menerbitkan kebijakan atau instruksi, melainkan lebih mengedepankan ajakan bekerja sama dengan setiap pengurus RT/RW dalam penerapan dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan

JAKARTA, jurnal9.com – Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak semua komunitas permukiman bersinergi dengan aparatur negara melaksanakan dan mengawasi kepatuhan warganya menetapkan protokol kesehatan.

 

Jika setiap komunitas pada tingkat RT/RW peduli dan berpartisipasi, upaya memutus rantai penularan covid-19 akan berhasil.

 

“Saya mendorong setiap pemerintah daerah turun ke permukiman dan mengajak warga melaksanakan dan mengawasi penerapan protokol kesehatan. Kesadaran dan peran masyarakat faktor kunci keberhasilan memerangi covid-19,’” ujar Bamsoet sapaan akrabnya, di Jakarta, Senin (10/8).

Mantan Ketua DPR RI ini menegaskan lonjakan kasus covid-19 tidak bisa dibiarkan. Berbagai upaya pemerintah untuk meredam dan memutus rantai penularan covid-19, termasuk pelibatan TNI, perlu didukung penuh.

Misalnya, kata Bamsoet, pembentukan Komite Kebijakan Pengendalian covid-19 dan Komite Pemulihan Ekonomi Nasional yang ditindaklanjuti Presiden Joko Widodo  dengan menugaskan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa sebagai wakil ketua pelaksana kedua komite itu.

Sebagai tindak lanjut Inpres Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian covid-19, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto telah mengerahkan babinsa dari tiga matra untuk menegakkan penerapan protokol kesehatan.

Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini menilai kebijakan tersebut menunjukkan kesungguhan dan kerja keras pemerintah merespons ketidakpastian akibat pandemi.

Menurut dia, dengan berbagai cara dan pendekatan, kesehatan masyarakat harus dilindungi dari ancaman covid-19. Pada saat bersamaan perekonomian masyarakat harus dikelola sedemikian rupa, agar tidak terjerumus ke dalam krisis. Dua tujuan strategis ini bisa terwujud jika masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

Baca lagi  Pemerintah dalam Sebulan Nambah Utang Baru Rp 55,26 triliun, Kini Total Rp 6.625 triliun

“Karena itu, kepedulian setiap komunitas pada semua permukiman sangat penting dan menentukan. Sangat ideal jika pemerintah daerah tidak hanya menerbitkan kebijakan atau instruksi, melainkan lebih mengedepankan ajakan bekerja sama dengan setiap pengurus RT/RW dalam penerapan dan pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan,” kata Bamsoet.

Ant l MULIA GINTING

 

Related posts

Rasmus Paludan Gagal Calonkan Legislatif di Swedia, Lalu Frustrasi Bakar Alquran?

adminJ9

DPR RI: Penghapusan Premium dan Pertalite Akan Mendapat Perlawanan Rakyat

adminJ9

MenkopUKM: Pemulihan Ekonomi dan Kesehatan Harus Seiring Sejalan

adminJ9