Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Minum Susu Amankah untuk Penderita Diabetes? Ini Penjelasan Ahli Diabetes

Orang minum susu

JAKARTA, jurnal9.com – Susu yang kaya protein, kalsium dan vitamin D disukai banyak orang. Lalu seseorang yang menderita diabetes, tapi punya kegemaran minum susu, masih bingung. Apakah aman minum susu?

Sebab selama ini mereka tahunya susu itu memiliki nutrisi penting; kaya protein, kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk kesehatan.

Tapi saat melakukan pemeriksaan ke dokter terkait diabetes yang dideritanya, dokter melarangnya minum susu, karena susu memiliki lemak dan karbohidrat yang dapat meningkatkan kadar gula darah.

Jadi bagi penderita diabetes masih bingung. Padahal mereka sangat menyukai susu.

Ini jawaban seorang ahli diabetes:

Penderita diabetes direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan rendah GI guna membantu mengelola kondisi kesehatan tubuhnya.

Berbagai makanan biji-bijian, sayuran berdaun hijau, protein tanpa lemak, dan kacang-kacangan, semuanya ini termasuk yang dianjurkan sebagai bagian dari diet yang ramah diabetes.

Dr V. Mohan, Kepala Ahli Diabetes Pusat Spesialisasi Diabetes India menyebutkan studi kesehatan merekomendasikan untuk mengkonsumsi susu. Khusus bagi penderita diabetes, supaya minum susu yang tanpa lemak.

“Setelah minum susu, mereka yang menderita diabetes harus memeriksakan untuk melihat kadar gula darahnya, apakah susu yang diminumnya itu cocok,” ujarnya seperti dikutip Hindustantimes.

“Kalau tidak ada bukti susu yang diminumnya dapat menyebabkan diabetes atau bermanfaat bagi tubuhnya, terutama bagi penderita diabetes tipe 2.”

Sebab susu itu, kata dokter Mohan, sumber kalsium yang sangat baik untuk ibu hamil dan anak-anak yang sedang tumbuh. Kalau dari hasil pemeriksaan tidak terbukti meningkatkan kadar gula darahnya, ya harus dilanjutkan minum susunya,” jelas dr. Mohan.

Tetapi Dr Mohan memperingatkan kalau minum susu sangat baik dan tidak meningkatkan kadar gula darahnya, tetap minum susunya harus dibatasi. Tidak boleh terlalu banyak. Cukup segelas susu saja bagi penderita diabetes sudah sangat ideal.

Baca lagi  Herry Wirawan Perkosa 13 Santri, Dituntut Hukuman Mati: Apa ini Psikopat?

Dr Mohan mengutip studi yang dilakukan Epidemiologi Pedesaan Perkotaan Chennai (CURE), bahwa mereka yang mengkonsumsi susu memiliki prevalensi diabetes yang lebih rendah.

Dan ini menujukkan bukti bahwa pada umumnya mereka yang minum susu, ternyata dapat melindungi penderita diabetes tipe 2.

Dokter ahli diabetes ini meyakinkan dari studi tersebut ada bukti yang kuat kalau minum susu sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

“Kalau ada orang mengatakan minum susu adalah penyebab diabetes. Itu hanyalah mitos. Mungkin orang itu diabetesnya tidak terkontrol dengan baik,” tegas dr. Mohan.

“Ada beberapa studi lagi dari Skandinavia yang menyatakan susu sapi jika diberikan terlalu dini kepada bayi, mungkin akan terkait dengan Diabetes tipe 1 yang timbul pada masa kanak-kanak. Namun kemudian studi tersebut dibantahnya,” ujarnya.

RAFIKA ANUGERAHA M

Related posts

Jamu Ramuan Madura; Sondhep dan Salekarang Dapat Cegah Infeksi Virus Corona

adminJ9

Dapat Ancaman Pembunuhan, Nora Alexandra: Bakal Gue Tunggu, lo Mau Bunuh Gue…

adminJ9

Putri Akui Benar Terjadi Pelecehan Seksual oleh Brigadir J di Rumah Magelang

adminJ9