Jurnal9.com
Business

Membangkitkan Raksasa Ekonomi dengan Prinsip Bergandengan Tangan

Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari.

JAKARTA, jurnal9.com – Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Sri Untari Bisowarno mengajak pihak-pihak yang menjadi seterunya untuk segera menyudahi pertentangan dan bergandeng tangan membangkitkan raksasa ekonomi nasional yang sedang tidur, yakni koperasi.

“Mari bersama saya membangun koperasi Indonsia sesuai dengan yang dibutuhkan zaman. Kita bangkitkan kembali koperasi sebagai lembaga ekonomi rakyat yang diamanatkan oleh Undang Undang Dasar 45 pasal 33 ayat 1,” kata Sri Untari kepada jurnal9.com.

Mengenai masih ada pihak yang menentang dia sebagai Ketua Umum Dekopin, sebaiknya lawan atau penentang, tunduk pada keputusan hukum pemerintah yang berlaku.

“Tongkat estafet kepemimpinan dialihkan ke saya, dan akan menghormati beliau sebagai senior yang telah pernah memimpin Dekopin.”

Dia tidak menyebut nama yang menentang, tetapi menyebutnya sebagai senior. Sri Untari justru mengajak semua orang koperasi bersama-sama menggerakkan perekenomian melalui Dekopin (koperasi) yang menjadi soko guru.

Sebelumnya, dia memastikan tidak ada dualisme kepengurusan di tubuh Dekopin karena dilaksakan secara legal melalui Munas di Makasar tahun 2019, sesuai dengan Anggaran Dasar dalam Keppres No. 6/2011, terpilih secara sah sebagai Ketua Dekopin adalah Sri Untari Bisowarno.

“Berdasarkan ketentuan Pasal 19 AD DEKOPIN yang disahkan oleh Keppres No.6/2011, bahwa masa jabatan Pimpinan Dekopin adalah lima tahun (ayat 1) dan masa jabatan paling lama dua kali berturut-turut (ayat 3). Berdasarkan ketetapan ini, maka Nurdin Halid yang telah menjabat Ketua Umum Dekopin selama dua periode, periode 2009- 2014 dan periode 2014-2019, secara otomatis telah habis masa jabatannya,” kata Sri Untari.

Menurut dia, Dekopin akan memperkuat jaringan koperasi menjaga ketahanan pangan saat pandemi Covid-19 seperti sekarang, tulis Antara.

Baca lagi  Sri Mulyani Berbicara Peluang Indonesia Selamat dari Resesi Ekonomi

Dekopin memiliki jaringan koperasi yang cukup banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

“Jaringan inilah yang nantinya akan digerakkan untuk membantu dalam menjaga ketahanan pangan karena saat ini masih banyak terjadi impor pangan,” katanya di Dekopinwil Jatim di Sidoarjo.

MULIA GINTING

 

Related posts

KemenkopUKM Apresiasi Koperasi Produsen Susu Bermitra dengan Mazaraat Artisan Cheese

adminJ9

Susu Segar Produk KPBS Pengalengan Tetap Bertahan Hadapi Pandemi

adminJ9

PHRI: 1.600 Restoran Terancam Bangkrut Jika PPKM yang Berakhir 25 Jan Diperpanjang

adminJ9