Jurnal9.com
Headline Sport

Lionel Messi, Legenda Barcelona itu Tolak Perpanjang karena Gajinya Dipotong 50%?

BARCELONA, jurnal9.com – Legenda Barcelona, Lionel Messi akhirnya resmi meninggalkan klub Barcelona, setelah tak mencapai kesepatan kontrak baru dengan  klubnya. Kabarnya mega bintang itu menolak diperpanjang kotraknya setelah dalam klausul perjanjian disebutkan gajinya berkurang 50 persen.

Padahal sebelumnya dikabarkan Messi bersedia menandatangani kontrak baru sampai lima tahun ke depan, meski gajinya dipotong 50 persen demi membantu krisis keuangan Barcelona.

“Awalnya FC Barcelona dan Lionel Messi telah mencapai kesepakatan untuk menandatangani kontrak baru hari ini, namun kemudian tidak terjadi [urung] karena kendala keuangan dan struktural (peraturan Liga Spanyol).”

Barcelona mengurangi gaji pemain itu karena harus mengikuti aturan financial fair play di La Liga untuk musim mendatang, namun kontrak baru itu tak diterima oleh Messi. Sehingga keduanya, antara klub dan pemain [Messi] harus berpisah.

Batas gaji pemain di La Liga yang diberlakukan sekarang dihitung berdasarkan kondisi kesehatan keuangan klub. Dan pihak manajemen Barcelona harus mematuhi batas gaji itu untuk menghindari hukuman finansial di masa mendatang.

Apalagi selama pandemi covid ini juga banyak mengurangi anggaran untuk kampanye 2021-22 mendatang.

Pembicaraan itu dilakukan dengan wakil kapten Gerard Pique, Sergio Busquets, dan Sergi Roberto mengenai pengurangan gaji pemain sebesar 40 persen untuk setiap perpanjangan kontrak baru.

Pihak klub Barcelona dalam menghadapi kesulitan finansial ini telah mencoba untuk menjual beberapa pemain berpenghasilan tinggi, seperti Antoine Griezmann, Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, Samuel Umtiti, dan Martin Braithwaite, namun belum menemukan klub yang bisa membeli para pemain tersebut.

Diperkirakan investasi €2,7 miliar di La Liga dari perusahaan ekuitas swasta CVC akan membantu Barcelona mengatasi kesulitan itu. Tetapi suntikan itu tak mampu untuk memungkinkan klub mempertahankan Messi.

Baca lagi  Adi P: Sejak Awal Pernyataan Menkopolhukam Mahfud Soal Rizieq Shihab Blunder

Karier Messi di klub Barcelona berawal ​​​dari akademi klub Catalan ini sejak 2003. Rekornya mencetak 672 gol dalam 778 penampilan bersama Barcelona.

Setelah tak mencapai kesepakatan dengan Messi, pihak manajemen klub mengeluarkan pernyataan resmi bahwa masa depan pesepakbola berusia 34 tahun itu telah berakhir. Messi akan meninggalkan Barcelona setelah lebih dari dua dekade.

“Akibat situasi ini, Messi tidak akan bertahan di FC Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyesal karena harapan dari pemain dan klub pada akhirnya tidak terpenuhi.”

“FC Barcelona dengan sepenuh hati mengucapkan terima kasih kepada pemain atas kontribusinya untuk kemajuan klub dan mendoakan yang terbaik untuk masa depan Messi dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya,”  demikian pernyataan klub itu.

ARIEF RAHMAN MEDIA

 

Related posts

Trump Memperketat Visa untuk Wartawan China Tugas di Amerika Serikat

adminJ9

Presiden Jokowi Menjadi Orang Pertama Indonesia yang Disuntik Vaksin Sinovac

adminJ9

Orang yang Mengaku Pancasilais, Harus Paham Makna Pancasila: Tanggapi Hendropriyono

adminJ9