Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Kolang Kaling Sangat Baik untuk Cegah Osteoporosis dan Turunkan Berat Badan

Ilustrasi es campur kolang kaling

JAKARTA, jurnal9.com – Kolang kaling yang biasanya dibuat es campur untuk hidangan takjil saat berbuka puasa, memang menjadi salah satu menu minuman favorit selama bulan puasa Ramadhan.

Mungkin banyak orang pilih minum es campur dengan buah kolang kaling ini hanya untuk memenuhi selera minuman yang menyegarkan setelah berpuasa seharian. Tapi lupa bahwa kolang kaling yang terbuat dari buah tumbuhan aren ini punya banyak manfaat untuk Kesehatan.

Dikutip dari eprints.umm.ac.id, bahwa kolang kaling yang terbuat dari olahan perebusan endosperm atau buah tumbuhan aren muda ini disebutkan kaya nutrisi, serat dan mineral.

Kolang kaling yang punya tekstur lunak, kenyal, dan berwarna putih ini punya banyak manfaat seperti berikut ini:

Kolang kaling yang kaya nutrisi, serat dan mineral ini sangat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis.

“Bertambahnya usia seseorang akan berisiko mengalami osteoporosis. Tapi dalam banyak literatur ilmu kedokteran disebutkan osteoporosis tak hanya dialami orang berusia lanjut, tapi anak muda yang punya pola makan tak sehat juga berisiko akan terkena serangan osteoporosis,” sebutnya.

Salah satunya buah kolang kaling yang punya kandungan kalsium ini disebutkan dapat mencegah osteoporosis. Sehingga bagi siapa saja yang peduli dengan kesehatan tulang,  perlu memenuhi asupan kebutuhan kalsium tubuh dengan mengkonsumsi kolang kaling. “Jadi kolang kaling ini bisa menyehatkan tulang,” tegasnya.

Kolang kaling termasuk buah yang juga punya kandungan airnya tinggi. Sehingga mengkonsumsi kolang kaling ini sangat baik untuk tubuh guna memenuhi asupan cairan sekaligus mencegah dehidrasi. Selain itu kolang kaling dapat menjaga kesehatan kulit. Bisa menambah nafsu makan, karena adanya kandungan gelatin.

Bahkan dalam laman dinkes.kukarkab.go.id, menyebutkan kolang kaling punya kandungan karbohidrat yang galactomannan. Jenis karbohidrat ini bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit akibat penyakit radang sendi.

Baca lagi  Jika Takut Keasinan, Boleh Dicicipi Masakannya Saat Berpuasa, Ini Hukumnya

Di berbagai farmasi banyak yang menggunakan kolang kaling sebagai bahan obat-obatan penyakit radang sendi.

Dan di laman dinkes itu juga menyebutkan kandungan serat kasar dalam kolang kaling itu membantu melancarkan proses pencernaan tubuh. Karena kolang kaling kaya karbohidrat yang bisa dijadikan sumber energi dan bersifat mengenyangkan. “Sangat baik makanan olahan buah kolang kaling ini dijadikan menu untuk diet menurunkan berat badan.”

RAFIKA ANUGERAHA M

Related posts

Vanessa dan Ayahnya, Kelabui Polisi Bantah Terima Aliran Uang Indra, Kini Ditahan

adminJ9

KemenkopUKM Gandeng Mastercard dan Mercy Corps Indonesia Perkuat Digitalisasi 40.000 UMKM

adminJ9

Cerita ‘Rimo Tuan’ Tak Pernah Lekang dari Perjalanan Hidup Adri Istambul LG

adminJ9