Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Ini Gejala Serangan Jantung yang Sering Diabaikan: Sering Lelah, Nyeri Lengan dan Punggung

Ilustrasi orang yang sakit nyeri lengan dan punggung

JAKARTA, jurnal9.com – Serangan jantung sebenarnya ada gejala yang menjadi pertanda awal untuk menyerang seseorang. Cuma banyak orang yang seringkali mengabaikan gejala serangan jantung itu. Sehingga akan berisiko yang menyebabkan kematian mendadak bagi penderitanya.

Gejala awal yang seringkali diabaikan adalah berikut ini:

Sering lelah

Saat serangan jantung terjadi, aliran darah di dalam tubuh yang ke jantung menurun, dan terjadi tekanan pada otot. Sehingga tubuh terasa lelah.

Kalau tubuh sering lelah setelah melakukan kegiatan atau seusai bekerja. Maka jangan diabaikan atau dianggap biasa saja. Tapi segera memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan elektrokardiogram (EKG). Ini fungsinya untuk memeriksa jantung.

Mendadak pingsan

Seseorang yang sedang melakukan kegiatan atau bekerja tiba-tiba pingsan tanpa sebab. Padahal kegiatan atau pekerjaannya tidak terlalu menguras tenaga. Ini menjadi salah satu tanda kalau jantungnya bermasalah.

Sesak napas

Jantung punya fungsi membawa oksigen ke seluruh tubuh. Dan membuang karbondioksida dari jaringan. Sehingga kalau aliran darah ke organ jantung terhambat, maka bisa berpengaruh pada pernapasan.

Biasanya saat melakukan kegiatan atau bekerja tiba-tiba merasa napasnya terengah-engah dan sesak napas. Padahal pekerjaannya tidak berat. Kegiatan yang biasa-biasa saja. Ini bisa menjadi salah satu tanda serangan jantung.

Tapi sesak napas ini tidak menutup kemungkinan ada gejala penyakit lainnya seperti asma.

Nyeri dada, lengan dan punggung

Seringkali orang yang kena serangan jantung, biasanya ada rasa nyeri di dada. Tapi rasa nyeri lengan dan punggung sering diabaikan. Padahal ini juga jadi salah satu gejala serangan jantung. Karena ketika terjadi serangan jantung, sel-sel otot jantungnya mulai kehabisan oksigen. Sehingga otak akan mengirim sinyal rasa sakit melalui sistem saraf.

Baca lagi  Hati-Hati ! Orang yang Mudah Lelah, Sesak Nafas Bisa Jadi Tanda Gagal Jantung

Organ otak bisa dikacaukan melalui sinyal yang dirasakan di bagian lengan dan punggung, atau bahu, siku, rahang bagian atas yang disebabkan sistem saraf yang sangat dekat.

Perasaan cemas

Bahkan dari rubrik kesehatan laman Express menyebutkan ada tanda-tanda serangan jantung yang tidak umum dan jarang diketahui banyak orang; yaitu munculnya perasaan cemas yang tiba-tiba. Sehingga merasa panik.

Waduh….! ini jadi tanda-tanda serangan jantung yang mengerikan ya, karena ternyata cemas yang dirasakan berisiko pada serangan jantung.

Batuk

Berikutnya gejala batuk yang sering dianggap biasa saja. Ternyata menurut ahli kesehatan jantung yang dikutip Express ini, kalau menderita batuk yang berlebihan, akan berisiko terkena serangan jantung. Karena saat batuk itu terjadi penumpukan cairan di paru-paru.

Melihat gejala serangan jantung yang tiba-tiba dan sering diabaikan seperti disebutkan atas tadi, maka perlu mencegahnya dengan menjalani gaya hidup sehat. yaitu hindari merokok, berolahraga secara teratur, menjaga pola makan sehat banyak makan buah dan sayuran, dan isitirahat yang cukup.

RAFIKA ANUGERAHA M      

Related posts

Jokowi Tunjuk Prabowo untuk Tanam Singkong, Menuai Respon di Dunia Maya

adminJ9

Kriteria Pasien Covid Tak Bergejala atau Gejala Ringan yang Boleh Isoman, Ini Penjelasannya

adminJ9

Jonathan Latumahina Akan Menyeret Agnes Terlibat dalam Penganiayaan David

adminJ9