Jurnal9.com
Headline News

Ganjar Pranowo Resmi Jadi Capres PDIP

Megawati memakaikan peci hitam ke Ganjar Pranowo

BOGOR, jurnal9.com – PDIP akhirnya mengumumkan Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Hal itu dibacakan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, kemudian ditandai Ketua Umum PDIP memakaikan peci hitam Bung Karno kepada Ganjar Pranowo.

“Semoga hal ini sebagai digunakan simbol rakyat Indonesia,” kata Megawati, di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

Ganjar tampak tersenyum saat dipakaikan peci hitam oleh Megawati.

Dalam acara deklarasi itu, Megawati yang didampingi Presiden Jokowi, Puan Maharani, Ketua DPP PDIP Prananda Prabowo dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, disampaikan tepat pukul 13.45 WIB.

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” tegas Megawati.

Setelah Megawati mengumumkan nama Ganjar Pranowo, sebagai capres 2024, Sekjen Hasto memanggil Ganjar Pranowo ke depan untuk duduk sejajar dengan Megawati dan jajaran PDIP lainnya. Kemudian Ganjar diminta berdiri langsung menghadap ke para kader yang hadir dalam acara tersebut.

Kemudian Ganjar menyampaikan pidato politiknya setelah dirinya ditunjuk PDIP sebagai capres 2024. “Dalam proses penunjukan saya sebagai petugas partai dari anggota DPR, kemudian diberi tugas menjadi Gubernur Jawa Tengah, lalu sekarang diberi kepercayaan untuk menjadi calon presiden,” ujarnya.

“Ini suatu kepercayaan dari partai menunjuk kami ditugaskan untuk dicalonkan jadi presiden. Tentu saja penugasan ini merupakan amanat dari partai. Dan penunjukan ini melalui proses yang panjang,” lanjut dia.

“Saya sendiri sampai saat ini masih menjalankan tugas partai sebagai gubernur Jawa Tengah selama hampir dua periode,” tegas Ganjar.

Sementara itu Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto meminta agar seluruh anggota dan kader partai dapat menyikapi dengan bijak terhadap berbagai isu capres dan cawapres sebagai bagian dinamika politik nasional.

“Semua kader partai harus menyiapkan diri, baik secara ideologis hingga secara struktural. Sebab setiap saat Ibu Ketua Umum Ibu Megawati Soekarnoputri telah menemukan momentum yang tepat untuk mengumumkan calon definitif yang diusung partai,” kata Hasto dalam keterangannya.

Baca lagi  Ini Analisis Perolehan Suara Partai Pengusung dan Suara Pilpres 2024, Siapa Pemenangnya?

Tentu saja penunjukan Ganjar sudah mempertimbangkan berbagai kriteria-kriteria kepemimpinan diikuti dengan refleksi dan doa, berkomunikasi transendental dengan Yang Maha Kuasa.

“Momentum yang tepat ini suatu keputusan yang diambil diiringi dengan berbagai pertimbangan,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo yang hadir dalam acara deklarasi itu mengapresiasi dan menghargai keputusan Megawati untuk menunjuk Ganjar sebagai capres.

“Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat, selalu turun ke bawah dan sangat ideologis,” kata Jokowi.

Dia meyakini jika Ganjar nantinya bisa melanjutkan program yang sudah dicanangkan pemerintah saat ini. “Pancasila, persatuan, serta toleransi, harus menjadi pondasi bangsa,” ujarnya.

Jokowi mengatakan kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, serta pembangunan Indonesia sentris harus menjadi semangat program pembangunan nasional. “Saya harapkan dia akan terpilih menjadi pemimpin yang dapat meneruskan upaya Indonesia menjadi negara maju, adil dan Makmur,” tegas presiden.

Harta Kekayaan Ganjar

Sebagai pejabat Gubernur Jawa Tengah, harta kekayaan Ganjar tercatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN)

Dikutip dari LHKPN, Jumat (21/4/2023), total harta kekayaan Ganjar tercatat sebesar Rp 11,77 miliar. Terdiri dari tanah dan bangunan yang totalnya Rp 2,62 miliar.

Tanah dan bangunan tersebut terletak di Bogor, Purbalingga dan Sleman. Tanah bangunan itu merupakan hasil sendiri dan sebagian merupakan harta warisan.

Ganjar juga memiliki kekayaan berupa alat transportasi dengan total nilai Rp 1,62 miliar. Ada mobil Nissan Teana tahun 2013, Mitsubishi Pajero Sport tahun 2018, Toyota Crown 2008, dan Hyundai Ioniq EV Signature AT tahun 2021.

Ganjar juga memiliki motor Viar Scooter tahun 2018 dan Kawasaki ER-6N tahun 2012. Semua kendaraan tercatat atas hasil sendiri.

Memiliki harta bergerak lainnya dengan nilai Rp 705, 86 juta. Kemudian, kas dan setara kas dengan nilai Rp 6,82 miliar. Jika ditotal harta kekayaannya mencapai Rp 11,77 miliar.

RAFIKI ANUGERAHA M  I  ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

PNKN Tuding Pemerintah dan DPR Lakukan Konspirasi dalam Perumusan UU IKN

adminJ9

Kapolri: Putri Candrawathi Dinyatakan Sehat, dan Harus Ditahan

adminJ9

Samsung Luncurkan Aplikasi C-Safe untuk Deteksi Lokasi Penyebaran Virus Corona

adminJ9