Jurnal9.com
Business

Dirikan Graha Kreatif untuk Tampung Anak Muda di Desa untuk Dilatih Jadi Entrepreneur

SERANG, jurnal9.com – Meraih sukses di Jakarta sebagai seorang entrepreneur muda, tak lantas membuat Johani Fauzi melupakan kampung halamannya, Desa Jawilan, Kabupaten Serang, Banten.

“Kami ingin anak-anak di desa ini bisa memiliki kemampuan dan kreatif untuk bisa meraih cita-citanya. Harapannya, anak desa sini harus lebih dari yang lain,” ungkap Johani.

Pernyataan Johani itu bukan sekadar isapan jempol belaka. Pada 2019 lalu, dengan berbekal pengalaman di bidang informasi teknologi (IT), Johani Fauzi mendirikan Graha Kreatif. Tujuannya untuk mengubah anak-anak desa ditempa menjadi seorang wirausaha yang kreatif.

Johani mengaku tergerak untuk memotivasi generasi muda di desanya untuk belajar menjadi seorang wirausaha. “Mereka diberi bekal kemampuan menjadi seorang wirausaha yang bisa bersaing seperti anak-anak di kota,” tegas Johani.

Johani mendirikan Graha Kreatif untuk menjadi rumah bagi anak-anak muda itu untuk mendapatkan pelatihan secara gratis. Pelatihan untuk dibina menjadi entrepreneur, memahami informasi teknologi, konten kreatif, broadcasting, pertanian, dan peternakan.

“Ayo manfaatkan berbagai fasilitas Graha Kreatif ini, mulai dari internet gratis, pelatihan pertanian dan peternakan. Dengan harapan mereka menjadi orang yang berguna di masa depan,” tegas Johani.

Johani menjelaskan, generasi muda merupakan tulang punggung dan generasi penerus bangsa dengan kemampuan yang mumpuni.

Untuk itu, Graha Kreatif akan mewujudkan cita-cita anak muda desa melalui pelatihan dari tenaga ahli di bidangnya.

“Saya ingin membangkitkan semangat generasi muda, khususnya di kampung halaman saya, karena saya pernah punya pengalaman hidup yang pahit di masa lalu. Hidup penuh keprihatinan,” ungkap Johani.

Pengalaman pahit dijalani Johani, mulai dari anak desa yang miskin, merantau ke Jakarta, menempuh pendidikan hingga sukses dengan bisnis IT. Dan akhirnya kembali lagi ke desa untuk membantu masyarakat.

Johani akan memberikan beasiswa S1 dan S2 kepada anak-anak yang tidak mampu dan memiliki semangat tinggi untuk belajar.

“Jangan sampai adik-adik seperti saya dulu. Mulailah belajar dan belajar. Anak-anak harus kreatif. Karena apa yang kamu lakukan saat ini pasti akan berguna di masa depan,” kata Johani.

Koperasi dan BUMDes

Selain mendirikan Graha Kreatif yang berlokasi di Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Banten, Johani juga mendirikan Join’s Mart. Yakni, sebuah supermarket yang menjual produk unggulan desa dengan sarana internet gratis.

Semangat Johani untuk membangun desa dilakukan dengan memperbaiki jalan menuju ke Desa Pasirbuyut, drainase, sarana tempat pemakaman umum (TPU), mushola, masjid, hingga jembatan penghubung antar desa.

Tak berhenti disitu, Johani juga membuat koperasi pertanian untuk melayani segala kebutuhan para petani desa, mendirikan sekolah dan peternakan bagi masyarakat.

“Saya yakin, dengan badan hukum usaha berbentuk koperasi, manfaatnya akan lebih banyak lagi dirasakan masyarakat luas,” cetusnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Pasirbuyut, Kecamatan Jawilan, Kabupaten Serang, Banten, Hidayat menyambut baik kehadiran Graha Kreatif di wilayahnya.

“Di sini ada potensi yang luar biasa dari berbagai aspek kehidupan dalam peningkatan SDM ke depan,” kata Hidayat.

Hidayat berharap Graha Kreatif bisa menjadi ikon perubahan di Desa Pasirbuyut. “Kami berencana membuat BUMDes. Dan tentunya kami akan bekerja sama dengan Graha Kreatif,” pungkas Hidayat.

ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

Kolaborasi KemenkopUKM, Grab dan VIDA Dukung 200 Ribu UMKM Masuk Digital

adminJ9

Sinergi KemenkopUKM dan IPB Kembangkan Model Bisnis Bagi Petani Tanaman Hias di Bogor

adminJ9

2020 Merupakan Tahun Berat, Semua Sektor UMKM Terguncang Akibat Covid-19

adminJ9