Jurnal9.com
Sport

Bayern Muenchen Melaju ke Semi Final Setelah Membantai Barcelona 8-2

LISBON, jurnal9.com – Barcelona dibantai Bayern Muenchen 8-2. Ini merupakan kekalahan terburuk Barcelona yang selama beberapa tahun terakhir, selalu mendominasi permainan kasta tertinggi sepak bola di Eropa.

Tak heran jika dalam setiap kompetisi Champions ini bergulir,  Barcelona selalu difavoritkan untuk menjuarai Liga Champions. Dan nama Messi selalu menjadi target lawan-lawan yang menghadapi Barcelona.

Pelatih Bayern Muenchen, Flick menyadari jika peran Messi dalam permainan Barcelona selalu menjadi kunci kemenangannya. Sampai Flick sendiri dalam jumpa pers sebelum pertandingan melawan Barcelona mengatakan peran Messi  memikul beban sendirian sebagai pemain kunci Barcelona. Karena di pundaknya Barcelona tampil gemilang ketika mengantarkan Las Blaugranas melewati hadangan lawan-lawannya sejak babak awal setiap laga Champions bergulir.

Flick mengaku menyiapkan timnya harus bisa mengoptimalkan cara tepat menghentikan peran penting Messi.

“Messi adalah pemain kelas dunia dan tentu kami berpikir keras cara menghentikannya,” katanya.

“Kami perlu melakukannya bersama-sama. Menghadapinya kami harus bermain cerdas. Memahami ruang yang mungkin terbuka dan memberikan pengawalan ketat dan sebisa mungkin memenangkan setiap situasi satu lawan satu,” ujar Flick.

Dalam pertandingan Bayern Muenchen melawan Barcelona ini,  pemain bek kiri Alphonso Davies mendapat tugas utama mengawal pergerakan Messi yang dilapisi oleh pemain belakang lainnya.

Strategi Flick ini berhasil dijalankan para pemainnya dengan baik. Bahkan di luar dugaan nama besar Barcelona dengan sejumlah pemain bintangnya dan juara Eropa lima kali ini dibantai 8-2.

Barcelona kebobolan empat gol pada babak pertama. Lalu pada babak kedua Bayern Muenchen juga menambah empat gol. Barcelona hanya bisa membalas dua gol melalui bunuh diri David Alaba (7′) dan Luis Suarez (57′).

Mueller dan kawan-kawannya kebobolan oleh gol bunuh diri David Alaba. Berawal David Alaba, salah mengantisipasi bola dan berbuah gol bunuh diri.

Baca lagi  Peraih Medali Emas, Greysia/Apriyani Bakal Kebanjiran Hadiah, Ini Besarannya

Setelah itu Bayern Muenchen menyamakan skor menjadi imbang 1-1.  Sejak skor imbang, kedua tim saling jual beli serangan. Namun pada menit ke-21, petaka datang. Barcelona kembali kebobolan lewat sepakan kaki kiri Ivan Perisic dari sisi kiri penyerangan. Perisic memanfaatkan umpan matang dari Serge Gnabry. Enam menit kemudian, Ter Stegen kembali memungut bola dari sarangnya. Kali ini, Serge Gnabry yang mencatatkan namanya di papan skor. Dia memaksimalkan umpan lambung dari Leon Goretzka dengan sepakan kaki kanannya.

Pada menit ke-31, pertahanan Barcelona terkoyak. Bayern Muenchen lagi-lagi merobek gawang yang dijaga Ter Stegen. Thomas Mueller menjadi pencetak gol keempat Die Roten, julukan Bayern Muenchen. Mueller menyontek bola umpan Joshua Kimmich yang mengirim si kulit bulat dari sisi kanan penyerangan. Unggul dengan margin tiga gol tidak membuat Lewandowski cs mengendurkan serangan.  Sampai babak pertama usai Bayern unggul 4-1 atas Barcelona.

Pada babak kedua Die Roten, julukan Bayern Muenchen, tercipta berkat pemain, Joshua Kimmich (63′), dan Robert Lewandowski (82′).

Dua gol lainnya diciptakan oleh pemain pinjaman dari Barcelona sendiri, Phillipe Coutinho, pada menit ke-87 dan ke-89.

Berkat hasil tersebut, Die Roten berhak melangkah ke semifinal Liga Champions. Mereka akan bertemu dengan pemenang dari laga Manchester City vs Olympique Lyon.

ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

MU Lolos ke Liga Champions, Incar 5 Pemain untuk Transfer Musim Depan

adminJ9

Malam Nanti, Laga Pembuka Ligue 1 Prancis, Bordeaux Lawan Nantes

adminJ9

Pebulutangkis Putri Kusuma Wardani Taklukkan Unggulan Pertama Gregoria

adminJ9