Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Banyak Orang yang Tak Sadar Kena Diabetes, Kenali Gejalanya Berikut ini

Ilustrasi orang yang sering lelah

JAKARTA, jurnal9.com – Wamenkes RI Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan banyak orang yang tak sadar kena diabetes. Ini berdasarkan survei ternyata pada orang sehat pun ditemukan lebih dari 2/3 orang tidak mengetahui jika mereka menderita diabetes.

“Ini seperti fenomena gunung es, dimana orang yang menderita diabetes ternyata jauh lebih banyak dibandingkan mereka yang sudah diketahui menderita diabetes,” kata Wamenkes dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (16/11/2021).

Sebelum jatuh menjadi diabetes, tegas Dante, seseorang akan mengalami fase pradiabetes. Pada kondisi ini sebenarnya sudah ada tanda-tanda seseorang itu mengalami diabetes. Tapi sering kali tidak disadari.

Padahal tahap ini pasien masih masih bisa disembuhkan, namun karena ketidaktahuannya terhadap gejala diabetes, banyak orang yang membiarkan. Dan pada akhirnya seseorang yang mengalami fase ini sulit untuk mengendalikan.

Wamenkes Dante mengingatkan pentingnya pola hidup sehat dan deteksi dini terutama bagi kelompok yang berisiko tinggi terkena diabetes. Cara ini jauh lebih efisien dan efektif untuk menangani pasien daripada saat mereka sudah jatuh sakit.

Menurut dia, diabetes bukan hanya mengobati soal gula darah saja. Tapi memberikan layanan kesehatan kepada pasien diabetes mulai dari hulu sampai hilir, ini jauh lebih penting.

“Hulu dengan aktif melakukan kegiatan promotif preventif. Sedangkan hilir melakukan upaya maksimal bagi pengobatan pasien. Jika hulunya sudah berjalan dengan baik, maka kita akan dapat menghemat cost yang sangat besar,” cetus Wamenkes.

Cikal bakal kencing manis

Ketua Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Tri Juli Edi T.mengatakan prediabetes itu merupakan cikal bakal kencing manis. Jika prediabetes ini dibiarkan saja, maka 1/3 akan menjadi kencing manis dalam waktu 5 tahun.

Sementara 1/3 tetap jadi prediabetes dan 1/3 lagi kembali normal. “Prediabetes jadi waktu terbaik untuk mencegahnya jadi diabetes, karena bisa kembali normal,” ungkap Tri.

Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes tidak hanya disebabkan pola hidup yang kurang sehat. Namun diabetes juga bisa terjadi karena adanya keturunan.

Bahkan setiap orang berpotensi mengalami diabetes saat mengikuti gaya hidup yang buruk seperti kurang aktivitas fisik, kegemukan, hipertensi, merokok, dan diet tidak seimbang.

Kemenkes juga aktif melakukan edukasi skrining rutin diabetes, edukasi diet rendah gula dan garam serta melakukan kampanye pola hidup bersih dan sehat melalui slogan patuh dan cerdik.

Melalui kampanye masif ini, kata Tri, diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup penderita diabetes serta mengendalikan jumlah penderita diabetes di Indonesia.

Timbulnya diabetes tipe 2 bisa bertahap, dan gejalanya bisa ringan selama tahap awal. Akibatnya, banyak orang mungkin tidak menyadari bahwa mereka mengalami kondisi penyakit diabetes tipe 2.

Seperti dilansir Medical News Today edisi Jumat (16/4/2021) menyebutkan ada beberapa gejala awal diabetes tipe 2 yang perlu diketahui:

Baca lagi  10 Cara Ampuh yang Dapat Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Sering buang air kecil

Ketika kadar gula darah tinggi, ginjal mencoba membuang kelebihan gula dengan menyaringnya keluar dari darah. Hal ini dapat menyebabkan seseorang lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari.

Meningkatnya rasa haus

Sering buang air kecil yang diperlukan untuk menghilangkan kelebihan gula dari darah dapat menyebabkan tubuh kehilangan air tambahan. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi dan membuat seseorang merasa lebih haus dari biasanya.

Selalu merasa lapar

Penderita diabetes seringkali tidak mendapatkan cukup energi dari makanan yang mereka makan. Sistem pencernaan memecah makanan menjadi gula sederhana yang disebut glukosa yang digunakan tubuh sebagai bahan bakar.

Pada penderita diabetes, glukosa ini tidak cukup bergerak dari aliran darah ke sel-sel tubuh. Akibatnya penderita diabetes tipe 2 sering merasa lapar terus-menerus, terlepas dari seberapa baru mereka makan.

Merasa sering lelah

Diabetes tipe 2 dapat berdampak pada tingkat energi seseorang dan menyebabkan mereka merasa sangat lelah. Kelelahan ini terjadi akibat kurangnya gula yang berpindah dari aliran darah ke sel-sel tubuh.

Penglihatan kabur

Kelebihan gula dalam darah bisa merusak pembuluh darah kecil di mata, hal ini dapat menyebabkan penglihatan kabur. Penglihatan kabur ini bisa terjadi di salah satu atau kedua matanya. Dan itu bisa timbul dan hilang . Jika ini di diamkan, kerusakan pada pembuluh darah bisa menjadi lebih parah, dan berakibat pada hilangnya penglihatan  permanen.

Perlambatan penyembuhan luka

Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat merusak saraf dan pembuluh darah tubuh yang dapat mengganggu sirkulasi darah. Akibatnya luka kecil pun bisa membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk bisa sembuh. Penyembuhan luka yang lambat itu dapat meningkatkan risiko infeksi.

Kesemutan, mati rasa, nyeri

Kadar gula darah yang tinggi dapat mempengaruhi sirkulasi darah dan merusak saraf tubuh. Pada penderita diabetes tipe 2, hal ini dapat menyebabkan nyeri atau sensasi kesemutan atau mati rasa pada tangan dan kaki. Kondisi ini dikenal sebagai neuropati, dan dapat memburuk seiring waktu dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius jika seseorang tidak mendapatkan pengobatan untuk diabetesnya.

Bercak kulit gelap

Bercak kulit gelap yang terbentuk di lipatan leher, ketiak, atau selangkangan juga dapat menandakan risiko diabetes yang lebih tinggi.

Gatal dan infeksi jamur

Kelebihan gula dalam darah dan urin menyediakan makanan untuk jamur yang dapat menyebabkan infeksi. Infeksi jamur cenderung terjadi pada area kulit yang hangat dan lembap, seperti mulut, area genital, dan ketiak.

RAFIKA ANUGERAHA M

Related posts

MK Tolak Uji Formil UU KPK, Ini Penjelasan Revisi dan Pasal-Pasal yang Lemahkan KPK

adminJ9

Kampanye Trump yang Kontroversi Sebut Covid-19 Bisa Diatasi Tanpa Vaksin

adminJ9

Kenapa Wanita Putuskan Mendadak Hubungan Asmara dengan Pasangannya? Ini Penyebabnya

adminJ9