Jurnal9.com
Headline Travelling

Tripadvisor Memilih Bali Masuk 25 Destinasi Wisata Terbaik Dunia

Kawasan wisata pantai Nusa Dua, Bali

Keindahan alam Bali yang dinobatkan sebagai destinasi wisata terbaik dunia pilihan platform wisata tripadvisor.

DENPASAR, jurnal9.com –  Platform wisata terbesar di dunia, Tripadvisor  menggelar Travellers Choise atau pilihan wisatawan untuk menentukan kategori ‘Destinasi Terbaik Dunia’.

Dalam penghargaan Travellers Choice atau pilihan wisatawan ini Tripadvisor menetapkan 25 destinasi wisata untuk kategori ‘Destinasi Terbaik Dunia’. Nama Bali (Indonesia) dan sejumlah negara Eropa, seperti London (Inggris), Paris (Prancis), Crete (Yunani) masuk dalam 25 destinasi wisata terbaik dunia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menyambut baik dengan ditetapkannya Bali sebagai salah satu destinasi terbaik dunia versi Tripadvisor.

“Kami berharap penetapan itu semakin memotivasi kita semua untuk bisa menumbuhkan Bali-Bali baru. Bahkan mendorong upaya untuk meningkatkan pariwisata Bali agar semakin ramah dan berkelanjutan,” katanya dikutip dari Antara, Sabtu (1/8).

Situs travel planning and booking itu menobatkan Pulau Dewata dalam empat besar dunia destinasi wisata terbaik. Keindahan Bali dalam situs www.tripadvisor.com diibaratkan sebagai kartu pos yang hidup, bahkan juga digambarkan sebagai sepotong surga di Indonesia.

Bali menawarkan wisata pantai dengan pasir putih yang bersih, wisata selam, wisata budaya, hingga wisata spa dan yoga di Ubud.

Menurutnya, Bali pun sudah membuka diri untuk menerima wisatawan domestik per 31 Juli 2020. Pariwisata Bali mulai dibuka secara bertahap sejak 9 Juli 2020 untuk masyarakat lokal.

Rencananya, Bali akan dibuka bagi wisatawan mancanegara pada September 2020.

“Diharapkan setelah dibuka, penerapan protokol kesehatan dapat tetap dijalankan dengan disiplin. Jangan sampai setelah dibuka timbul gelombang kedua Covid-19 hal itu yang harus dihindarkan, lantaran pariwisata itu adalah bisnis kepercayaan,” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Setelah dibuka kembali pariwisata di Bali, Tim Verifikasi Kesiapan Pariwisata Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah jasa akomodasi hotel dan vila di wilayah tersebut.

Baca lagi  Renungan Akhir 2021: Logika untuk Cinta Dunia Tak Boleh Hilangkan Keimanan

“Dalam melakukan verifikasi ini, kami selaku Tim Verifikator memeriksa kesesuaian dari data checklist yang sudah diisi secara mandiri dengan kenyataan yang ada di lapangan,” ujar Koordinator Tim Verifikasi Kesiapan Pariwisata Pemkab Badung, Nyoman Astama, pada Sabtu (1/8).

Dalam proses verifikasi lapangan, ia mengatakan timnya didampingi unsur pemerintah mulai Dinas Pariwisata Badung, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Badung, Dinas Kesehatan Badung dan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Badung.

Nyoman Astama menjelaskan penilaian yang dilakukan didasarkan atas tersedianya fasilitas tambahan yang dipersyaratkan oleh protokol Cleanliness, Health, Safety, Environmental friendly (CHSE ).

Selain itu, tim juga memeriksa keberadaan bukti dokumen standard operational procedure (SOP), pelaksanaan pelatihan yang dilakukan terhadap SOP tersebut, penerapan SOP pada pelayanan, serta konsistensi tata kelola oleh manajemen dalam memastikan penerapan protokol CHSE yang berkelanjutan.

“Hal ini penting karena reaktivasi kegiatan pariwisata pada era Covid-19 ini sangat tergantung dari kepercayaan tamu atas kesiapan dan penerapan protokol CHSE yang ketat sehingga tamu sendiri yang mengatakan bahwa destinasi itu aman, bukan kami yang mengatakan diri kami aman,” ungkapnya.

Kepala Bidang Industri Dinas Pariwisata Badung, Ngakan Putu Tri Ariawan menjelaskan tujuan dari verifikasi lapangan adalah untuk mengecek kesiapan industri sebagai tindak lanjut permohonan dari industri untuk diverifikasi sesuai prosedur dan proses pelaksanaan verifikasi.

“Setelah semua persyaratan yang ditetapkan dalam SOP yang dikeluarkan Bupati sesuai Surat Edaran nomor 259/2020, maka Tim Verifikasi akan memberikan Rekomendasi Kesiapan kepada Disparda Badung yang selanjutnya akan merekomendasikan penerbitan Sertifikat Kesiapan yang ditandatangani Bupati,” tambahnya.

Pelaku usaha sektor wisata merespons positif pembukaan sektor pariwisata oleh pemerintah di sejumlah daerah.

Hal tersebut diharapkan dapat memicu perkembangan sektor pariwisata di kawasan lainnya dan mendongkrak bisnis agen perjalanan.

RAFIKI ANUGERAHA M  I  ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

10 Cara Ampuh yang Dapat Menurunkan Gula Darah Secara Alami

adminJ9

Presiden Jokowi Menjadi Orang Pertama Indonesia yang Disuntik Vaksin Sinovac

adminJ9

Pasien Covid yang Isoman, Jangan Asal Pakai Obat Hanya Dengar Omongan Orang dari Medsos

adminJ9