Jurnal9.com
Headline Profile

Sri Mulyani Masuk Jajaran Wanita Berpengaruh di Dunia 2022

Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, jurnal9.com – Forbes merilis Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati kembali terpilih dalam jajaran wanita paling berpengaruh di dunia  ‘The World’s 100 Most Powerful Women’ 2022.

Forbes menyebutkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati berada di urutan ke-47 dalam daftar wanita ‘terkuat’ di dunia. Kemudian juga ada nama Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati berada di urutan ke-49.

Dalam daftar wanita paling berpengaruh versi Forbes Kamis (8/12/2022), posisi Sri Mulyani yang pada tahun 2021 berada di peringkat ke-66, pada tahun ini ia naik ke peringkat ke-47.

Forbes menetapkan empat indikator dalam penentuan daftar tersebut, yakni dilihat dari empat metrik utama mencakup uang, media, dampak, dan pengaruhnya untuk lingkungan.

Adapun untuk para pemimpin politik, Forbes menimbang dari sisi produk domestik bruto (PDB) dan populasi. Sedangkan untuk para pemimpin perusahaan menimbang dari sisi pendapatan dan jumlah karyawan.

Para wanita berpengaruh ini adalah mereka yang mampu membangun di sektornya masing-masing, mulai dari pemerintahan, korporat, dunia kreatif. Memiliki pandangan yang modern dan visioner.

Menurut Forbes pada tahun ini memperlihatkan semakin banyak wanita yang memimpin pasar keuangan dunia. Apalagi kondisi setahun terakhir ini dibayangi lonjakan inflasi dan ancaman resesi global.

Dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia tahun ini, lebih menyoroti wanita yang memimpin lembaga keuangan, seperti Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva Kristalina dan Menteri Keuangan Amerika Serikat, Janet Yellen.

“Para wanita hebat ini berada di atas tingkat tertinggi pada setiap industri. Memiliki peran yang sangat berpengaruh,” kata Moira, Wakil Presiden Eksekutif Forbes.

“Dalam satu tahun ini menghadapi ketidakpastian dan ketidakstabilan, maka kekuatan wanita sangat berperan bagi ekonomi dan politik untuk mengubah industri dan menyelesaikan masalah masyarakat,” tegas dia.

Baca lagi  Sri Mulyani Menteri Keuangan Terbaik Se-Asia Timur dan Pasifik

Nama Sri Mulyani masuk dalam jajaran wanita paling berpengaruh dinilai karena kiprahnya sebagai Menteri Keuangan Indonesia, setelah menjabat sebagai Managing Director dan COO Bank Dunia.

Pada pemerintahan sebelumnya, Sri Mulyani juga pernah menjabat sebagai menteri keuangan Indonesia (2005-2010), saat itu ia membantu memandu transisi negara dari otokrasi ke demokrasi.

Kemudian kembali menjabat Menteri Keuangan sejak 2016 lalu, dan ia dinilai berhasil meningkatkan penerimaan negara melalui reformasi perpajakan dengan memperluas layanan e-filing dan meningkatkan kepatuhan wajib pajak.

Keberhasilan Sri Mulyani sebagai Menteri Terbaik di World Government Summit berkat usahanya melakukan reformasi. Saat menjabat di Bank Dunia, Sri Mulyani telah menggunakan platformnya untuk mempromosikan kesetaraan gender.

Selain nama Sri Mulyani, dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia ini ada nama Ursula von der Leyen  yang menjabat Presiden Komisi Eropa. Kemudian disusul Presiden Bank Sentral Eropa, Christine Lagarde di urutan ke-2 dan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris di urutan ke-3.

Kemudian mantan istri orang terkaya, Bill Gates, yaitu Melinda French Gates juga masuk dalam jajaran di posisi ke-6 yang tercatat sebagai filantropi.

Dari kalangan selebriti ada nama Oprah Winfrey yang berada di posisi ke-24, Rihanna ke-73, Taylor Swift ke-79 dan Beyonce Knowles ke-80.

ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

Survei LIPI: Demokrasi Indonesia Alami Kemunduran dan Makin Melenceng dari Konstitusi

adminJ9

Video: Rizky Billar Lempar Bola Biliar ke Muka Lesti, Netizen: ya Allah Kasar Banget

adminJ9

Tenaga Honorer Dihapus pada 2023, Ini Jadi Solusi atau Masalah?

adminJ9