Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Peradangan Kronis Sendi atau OA Bisa Dialami Siapa Saja, Ini Cara Pengobatannya

Ilustrasi peradangan sendi

JAKARTA, jurnal9.com –Peradangan kronis sendi atau Osteoarthritis (OA) terjadi karena adanya kerusakan pada tulang rawan. Dan ini bisa dialami siapa saja. Tanpa memandang usia. Karena itu penting untuk mengetahui apa penyebabnya.

Medical Executive PT Kalbe Farma Tbk, dr. Meilisa Tiffani mengatakan OA atau peradangan kronis sendi ini terjadi karena adanya kerusakan pada tulang rawan.

“Meskipun angka dominan OA ini terjadi pada wanita, namun siapa saja bisa berisiko. Terutama mereka yang terlalu gemuk, pola olahraga yang tidak mempertimbangkan bentuk tubuh, dan adanya faktor genetik,” kata dr Meilisa.dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (24/8/2022).

OA dan osteoporosis, lanjut dia, dua penyakit yang berbeda. OA merupakan kerusakan pada tulang rawan. Adapun osteoporosis terjadi karena tulang keropos atau berkurangnya densitas.

“Orang yang berat badan berlebihan atau terlalu gemuk akan semakin membebani lutut, terutama pada Wanita,” tegas dr Meilisa.

Menurut dia, bisa juga terjadi karena pola olahraga yang tidak disesuaikan dengan bentuk tubuh. Ini dapat berisiko merusak tulang rawan tubuh. “Orang yang punya berat badan berlebihan atau terlalu gemuk, melakukan olahraga lompat-lompat, atau berlari. Ini nggak boleh karena beban tubuh yang bertumpu pada lutut atau satu kaki,” jelas dia.

Penyakit ini, kata dr Meilisa, bersifat degeneratif; karena terus terjadi dan mengalami kerusakan yang terus memburuk tanpa ada perbaikan.

dr. Meilisa juga menjelaskan OA atau peradangan kronis sendi ini bisa dihindari jika seseorang melakukan aktivitas yang tepat, seperti memilih olahraga yang sesuai dengan berat badan, menggunakan alas kaki yang nyaman, menjaga bobot tubuh serta mengkonsumsi suplemen.

“Penderita OA atau peradangan kronis sendi akan terasa nyeri dan sakit di persendian atau tulang. Bisa diobati dengan obat-obatan anti nyeri, untuk menghilangkan sakitnya. Walaupun tidak memperbaiki kerusakan sendi secara spontan. Tapi secara bertahap,” kata dr. Meilisa.

Baca lagi  Rizky Billar Membantah, Polisi Sebut Hasil Visum Terbukti Lakukan KDRT

Obat-obat yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah AO atau peradangan kronis sendi dengan obat topikal yang dioles seperti krim. Obat ini memiliki kandungan methyl salicylate, obat antinyeri yang diminum secara oral, hingga disuntikkan cairan hyaluronic acid untuk mengurangi rasa nyeri. Dan bisa juga penderita OA ini dengan melakukan operasi untuk pergantian lutut.

RAFIKA ANUGERAHA M

Related posts

Desy Ratnasari: “Aku Belum Memiliki Segalanya Seperti Kamu. Suami Belum Punya”

adminJ9

4 Tersangka yang Selewengkan Dana Umat di ACT Dijerat Pasal Berlapis

adminJ9

Polisi akan Razia Knalpot Bising yang Mengganggu, Bagaimana Dasar Hukumnya?

adminJ9