Jurnal9.com
Business

Mobilman Jadi Mitra Grup Blue Bird untuk Lelang Mobil Bekas

CEO Mobilman Danang Wikanto dan General Manager Caready, Biem Hadiedy Kartawijaya seusai teken MoU

JAKARTA, jurnal9.com – Marketplace mobil bekas PT Mobilman Digital Indonesia bermitra dengan PT Balai Lelang Caready, anak perusahaan PT Blue Bird Tbk untuk penjualan mobil bekas. MoU Kerjasama itu diteken CEO Mobilman, Danang Wikanto dengan Direktur PT Caready, Hery Sugiarto, di Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Danang Wikanto mengatakan sejak pandemi Covid-19 di Indonesia mereda, dunia usaha terus menggeliat. Ini terlihat dari volume penjualan mobil baru dan bekas yang mengalami kenaikan.

“Pembeli mobil baru, umumnya menjual dulu mobil lama. Kemudian membeli mobil baru. Hanya sedikit pembeli mobil baru, sebagai mobil pertama mereka,” katanya.

Untuk jual-beli mobil bekas, Pembeli mobil bekas inginnya punya mobil bagus dan harga murah. Sebaliknya, penjual mobil bekas berharap bisa menjual dengan harga tinggi dan cepat laku. Ini yang sulit.

“Tapi bagi pembeli dan penjual berpengalaman, tidak begitu lagi. Mereka realistis mengikuti harga pasar. Harga sesuai dengan kondisi mobil. Biasanya, mereka pedagang mobil bekas yang jumlahnya tidak sebanyak end user,” tuturnya.

Untuk menjembatani hal itu, kata Danang, perusahaannya punya Marketplace Mobilman.id yang bisa dipakai sebagai sarana jual-beli mobil bekas, penghubung antara penjual dengan pembeli.

“Melalui Marketplace Mobilman.id ini, rata-rata 112 unit mobil bekas per hari yang diiklankan di situ. Jumlah pengunjung (viewers) rata-rata 1.900 viewers. Perbandingan antara tingkat laku dengan mobil teriklan: 1 banding 12,” ujarnya.

“Banyak ya mobil beriklan yang tidak laku. Esok harinya, iklan mobil itu akan tertutup dengan iklan baru.(sampai ratusan mobil) Esok harinya lagi, iklan semakin tenggelam dengan iklan baru. Padahal, di antara ratusan mobil teriklan itu, ada mobil kondisi bagus harga realistis, tapi tidak laku,” tutur Danang.

Kenapa Mobilman bermitra dengan PT Balai Lelang Caready? Karena Balai Lelang Caready ini sebagai perusahaan lelang mobil bekas yang terpercaya Indonesia. Perusahaan ini memang rutin melelang mobil bekas, dua kali dalam sepekan untuk area Bekasi melalui website www.caready.co.id .

Lelang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Sabtu  secara online dan offline. Ada ratusan  mobil dilelang di situ, setiap kali acara lelang.

Baca lagi  Sinergi KemenkopUKM-Dekranas Dorong Wirausaha Produktif dan Ekosistem Wastra

General Manager Caready, Biem Hadiedy Kartawijaya mengatakan: perbandingan antara mobil yang dilelang dengan mobil yang laku, rata-rata sekitar tiga mobil terlelang, satu mobil laku.

“Lelang mobil di Caready ini sangat tinggi, sebab harga mobil yang terlelang sangat realistis dengan kondisi mobilnya. Juga, calon pembeli peserta lelang memang sudah siap beli. Sudah siap bayar. Maka, mobil sangat cepat laku,” ujarnya.

Kerjasama Mobilman dengan Caready praktiknya: mobil yang diiklankan di Mobilman dan jika belum laku, akan dihubungi oleh para staf Mobilman. Penjual mobil ditawari oleh pihak Mobilman, agar mobil tersebut dilelang di Caready. Supaya cepat laku.

“Kalau penjual setuju, ditentukan harga paling realistis. Setelah penjual sepakati harga, maka mobil akan dibawa ke tempat lelang PT Balai Lelang Caready di Bekasi,” tutur Danang.

Seumpama, mobil milik pengiklan di Mobilman belum laku di pelelangan pertama, bisa diulang lagi pada lelang hari berikutnya. Tetap, atas persetujuan pemilik mobil. Sampai mobil laku.

Bagaimana dengan keamanan mobil yang berada di tempat pelelangan Caready?

Biem Hadiedy Kartawijaya menjelaskan PT Balai Lelang Caready mengasuransikan seratus persen, Seluruh asset dan juga kendaraan kendaraan yang dititipkan di Balai Lelang Caready, sehingga aman terutama resiko bencana alam seperti banjir, gempa bumi dan lainnya untuk semua mobil yang dilelang. Asuransi menyangkut semua kerusakan, sampai kehilangan.

“Klaim asuransi paling lambat 24 jam dari saat mobil bermasalah,” ujar Biem.

Daya tampung mobil terlelang di Caready cukup besar. “Pool Caready Bekasi cukup luas sekitar satu hektar, lalu di pool taksi Blue Bird Narogong. Perusahaan Caready ini adalah anak perusahaan dari Blue Bird, sehingga beberapa lokasi di luar kota, Caready menggunakan pool taxi Blue Bird

“Kami tempatkan di semua pool taksi Blue Bird. Terjaga aman,” ujar Biem.

Maka, pengiklan di Mobilman kini punya cara baru membuat mobil mereka cepat laku. Buruan dimanfaatkan.

DJONO W. OESMAN

Related posts

BI Tegaskan: Dana dari IMF untuk Perkuat Cadangan Devisa RI itu Bukan Utang

adminJ9

Kemenperin Sebut Indonesia Dapat Menekan Impor Baja Turun 34 Persen pada 2020 lalu

adminJ9

LPDB KUMKM Optimalkan Peran Satgas untuk Percepat Penyerapan Dana PEN

adminJ9