Jurnal9.com
Headline News

Masjid Pertama di Kota Athena Dibuka, Muslim Yunani Mulai Bisa Shalat Jumat

ATHENA, jurnal9.com – Masjid pertama di Athena mulai dibuka untuk jemaah muslim di kota ini, sehingga sebagai satu-satunya Ibukota Uni Eropa yang sejak dulu dikenal sebagai Negeri Dewa tanpa masjid sejak abad ke 19 tersebut, kini sudah ada tempat ibadah bagi orang muslim.

Dibukanya masjid tersebut, komunitas muslim yang berjumlah ribuan di Ibukota negara Yunani ini kini sudah bisa melaksanakan shalat berjamaah, terutama shalat Jumat.

Selama ini orang muslim di kota Athena jika akan melaksanakan shalat Jumat, mereka harus menyulap garasi-garasi bawah tanah dan bangunan kosong untuk difungsikan sebagai masjid. Ini juga dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Karena jika terlihat, maka mereka akan dikenai tuntutan kegiatan ilegal.

Kelompok hak asasi manusia (HAM) seperti Amnesty International mengkritik negara Yunani, khususnya ibukota Athena, karena kota ini satu-satunya ibukota Uni Eropa yang tak memiliki masjid.

Sisa bangunan masjid di kota Athena, yang dulu bernama masjid Tzisdarakis, kini telah berubah fungsi menjadi gedung museum. Museum ini dulu bernama Porselin Yunani.

Di bagian dalam ruangan  bangunan ini telah diisi oleh beragam koleksi porselin bersejarah milik negara Yunani. Dan terlihat sangat jelas bangunan ini dulunya pernah berfungsi sebagai masjid. “Terlihat di depan ada mihrabnya.

Selain itu di bagian atas mihrab  juga ada rilief huruf Arab sebagai ciri khas bangunan zaman Dinasti Usmaniyah.

Pemerintah Yunani sendiri tidak malu mengakui jika situs sejarah ini dulunya sebuah masjid. Apalagi di depan bangunan bekas masjid ini jelas tertulis Old Mosque, yang berarti Masjid Tua.

Orang muslim Yunani selain dulunya tak memiliki masjid, juga tidak ada tempat pemakaman bagi warganya. Orang muslim yang meninggal di Yunani umumnya dikirim ke negara asalnya atau dimakamkan di Western Thrace, yang merupakan tempat kuburan muslim.

Baca lagi  Mahfud: Pemerintah Tak Akan Memproses Laporan Alumni ITB Soal Din Syamsuddin Radikal

Selain itu orang muslim Yunani sulit mencari makanan halal. Ada satu restoran makanan yang pemiliknya adalah imigran Turki, Bangladesh dan Iran.

Kini dengan adanya masjid di kota Athena, kemunitas muslim Yunani berharap akan ada banyak restoran yang menyedaikan makanan halal yang dikelola pengusaha muslim.

Imam pertama masjid tersebut bernama Zaki Mohammed, 49, warga Yunani yang berasal dari Maroko, berdoa dalam pembukaan masjid tersebut. Imam masjid pertama ini meminta kepada komunitas muslim agar menjaga jarak sosial, sering mencuci tangan, memakai masker dan menghindari untuk berkerumun.

Sumber: Anadolu

ARIEF RAHMAN MEDIA

 

Related posts

China Temukan Produk Makanan Beku Terinfeksi Virus Corona, FAO: Tuduhan Tanpa Bukti

adminJ9

Dewan Pers: Jangan Ada Lagi Pemidanaan Wartawan atas Berita yang Ditulisnya

adminJ9

Jika Atlet China Terbukti Doping, Mungkin Perunggu Windy Cantika Diganti Perak

adminJ9