Jurnal9.com
Headline News

Kok Bisa, Wanita Asal Ethiopia ini Tidak Makan dan Minum Selama 16 Tahun

Muluwork Ambaw, 26 tahun

JAKARTA, jurnal9.com – Seorang wanita bernama Muluwork Ambaw, umur 26 tahun asal Ethiopia ini, menjadi viral di media sosial karena tidak pernah makan dan minum selama 16 tahun.

Seperti dikutip dari Oddity Central, Selasa (14/5/2024) untuk membuktikan pengakuannya itu dokter di rumah sakit Addis Ababa telah memeriksa usus Ambaw. Dari hasil pemeriksaan itu tidak ditemukan adanya makanan sedikit pun di dalam ususnya.

Padahal pada 2016 Ambaw pernah menarik perhatian di sejumlah media karena ketahanan fisiknya tidak pernah makan dan minum selama 8 tahun. Sehingga saat itu banyak media massa; televisi setempat datang ke desanya untuk mendokumentasikan kajadian aneh yang dialami Ambaw itu. Dan kini makin viral setelah 16 tahun ia tidak makan dan minum.

Ambaw ingat kisah awal yang dialaminya 16 tahun lalu, ia pernah makan kacang lentil merah yang direbus dengan injera. Ini jenis makanan khas Ethiopia. Sejak itu nafsu makannya hilang.

“Saya tak ada selera sedikit pun mau makan. Tak pernah merasa lapar dan haus. Jadi   terakhir kali saya makan kacang lentil yang direbus pakai injera. Setelah itu sudah tidak pernah makan dan minum lagi sampai sekarang. Sudah 16 tahun,” ujarnya.

Awalnya keluarganya di rumah melihat Ambaw jarang makan dan minum, akhirnya ditanya kenapa jarang makan. Namun Ambaw awalnya sering berbohong.

“Setiap pagi mau pergi sekolah, keluargaku selalu menyuruh sarapan. Tapi saya berpura-pura duduk di meja makan, dan setelah beberapa menit, bilang sudah makan. Tapi lama-lama mereka tahu,” tutur Ambaw.

Awalnya sering berbohong, bilang sudah makan. Tapi kelama-lamaan Ambaw mengaku jujur, kalau dirinya tak pernah makan dan minum. Karena tidak ada nafsu makan. Semua keluarganya jadi kaget kok bisa tahan tidak makan dan minum selama berhari-hari. Sampai berbulan-bulan.

Baca lagi  Reisa Ingatkan Masyarakat Tak Lengah, Diprediksi Akhir Juli ini Terjadi Puncak Kasus Covid-19

Karena tak pernah makan dan minum itu, Ambaw jarang ke toilet. Kecuali pagi hari, saat mau pergi sekolah dan sore hari, ia baru ke toilet untuk keperluan mandi.

Keanehan yang dialami Ambaw ini sampai mengundang perhatian Perdana Menteri negara tersebut. Pada 2021 lalu, Perdana Menteri Ethiopia memintanya untuk diperiksa lagi di rumah sakit Dubai, Uni Emirat Arab.

Dalam wawancaranya dengan Drew Binsky belum lama ini, Blog Berita Ethiopia, menyatakan bahwa dokter di rumah sakit Dubai itu tidak menemukan ada yang salah dalam tubuh Ambaw. Semuanya normal.

Ketika ditanyakan apakah Ambaw bisa bertahan hidup berapa lama tanpa makan dan minum. Di tubuhnya tidak ada makanan dan air. “Saya tidak punya kemampuan apa-apa untuk menjawab itu. Karena ini pekerjaan Tuhan. Saya menerima saja [takdir Tuhan],” jawab Ambaw.

RAFIKI ANUGERAHA M  I  ARIEF RAHMAN MEDIA  

Related posts

Anies: Dunia Tercengang Melihat Indonesia Lewati Krisis Covid-19

adminJ9

Heboh! Panglima TNI Ubah Aturan: Bolehkan Keturunan PKI Daftar Prajurit TNI

adminJ9

Jokowi: Naikkan Harga BBM, Keluarga Tak Mampu Dapat BLT Selama 4 Bulan

adminJ9