Jurnal9.com
Business

Fahri Optimis Koperasi dan UMKM Jadi Penyelamat Indonesia dari Resesi Ekonomi

Fahri Hamzah

JAKARTA, jurnal9.com – Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah optimis jika Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) menjadi penyelamat ekonomi Indonesia dari jurang resesi ekonomi.

Pandemi Covid-19 menyebabkan perdagangan internasional (global trade) mengalami surut yang tajam. Sebaliknya, tanpa diduga perdagangan domestik, seperti Koperasi dan UMKM justru membuat ekonomi naik dan bergairah.

“Giliran Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia yang menjadi penyelamat di masa pandemi Covid-19 ini,” kata Fahri Hamzah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (7/8).

Menurut mantan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 ini,  selalu ada celah peluang untuk bangsa, apabila mau keluar dari krisis, seperti pergeseran industri besar ke manufaktur dasar.

Ini memberi kesempatan Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) Indonesia untuk berperan lebih besar sebagai Soko Guru Perekonomian, sebagaimana cita-cita Bung Hatta.

Covid-19 ini juga menggeser pusat pertumbuhan, dari kota ke desa, dari barat ke timur, dari konglomerat ke UKM, juga dari keuangan ke sektor riil. Begitu pula dengan transaksi digital tetap akan meningkat, tetapi terkait domestik dan produk sektor ril.

“Ini semua bukan teori, tapi peluang. Karena yang bisa menjadikan kenyataan. Bukan orang mengkhayal. tapi praktisi leadership berpengaruh besar dalam mengubah peluang menjadi kenyataan,” jelas Fahri.

Dia berharap kepada seluruh elemen bangsa untuk mendorong peran Koperasi dan UKM Indonesia dalam situasi ini. Maka dari itu, tidak boleh menyerah, dan jangan kehilangan ide.

“Kita harus tetap melihat ada nyala lilin di ujung terowongan gelap. Itulah selalu yang menjadi sejarah kebangkitan. Dan saya percaya Indonesia tidak saja bisa melalui semua ini tapi bahkan bisa jadi juara dunia,” kata dia optimis.

Baca lagi  Indonesia Berupaya Keras Hindari Resesi, Mengerikan Jika Sampai Terjadi

Terakhir, Fahri menyebut ada satu pergeseran penting yang menjadi game changer atau pengubah permainan persaingan ekonomi ke depan, yaitu pergeseran dari ekonomi darat menuju laut.

“Kita bangsa maritim dan kita akan bisa memenangkan perang jika medan bergeser ke lautan,” tegas mantan Wakil Ketua DPR RI ini.

MULIA GINTING

Related posts

Kopontren Al Ittifaq di Bandung Jadi Contoh Keberhasilan Korporatisasi Pangan

adminJ9

Inovasi, Kolaborasi dan Pendampingan Menjadi Kunci Keberhasilan Koperasi

adminJ9

Setelah Singapura, Korea Selatan Mengalami Resesi, Bagaimana dengan Indonesia?

adminJ9