Jurnal9.com
Headline News

BEM Ultimatum Jokowi dalam Waktu 8×24 Jam untuk Batalkan UU Cipta Kerja

JAKARTA, jurnal9.com – Ribuan mahasiswa yang tergabung  Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) yang melakukan unjukrasa di Jakarta dalam orasinya BEM mengultimatum Presiden Joko Widodo untuk membatalkan UU Cipta Kerja dengan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu).

Mahasiswa yang berkumpul di sekitar Patung Kuda Jakarta Pusat, yang berjarak sekitar 600 meter dari Istana Negara, Koordinator BEM lewat pengeras suara menyampaikan tuntutan dengan mengancam akan membuat kegentingan nasional pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober  jika UU Cipta Kerja tidak dicabut melalui Perppu.

“Apabila Bapak Presiden [Jokowi] tidak bisa melakukan hal tersebut dalam jangka waktu 8×24 jam sejak ultimatum ini dikeluarkan, maka kami memastikan akan adanya gerakan dari mahasiswa seluruh Indonesia yang lebih besar dan menciptakan kegentingan nasional tepat pada Hari Sumpah Pemuda [28 Oktober],” ujar Koordinator Pusat BEM SI di Jakarta, Selasa (20/10).

Ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi itu mulai berdatangan dari pukul 13.00 hingga pukul 15.00. Mereka berjalan kaki dari jalan Sudirman-Thamrin dan terus merangsek untuk mendekati Istana Negara, namun terhenti sampai di Patung Kuda karena jalannya ditutup aparat keamanan.

Selain mahasiswa, massa dari Gabungan Serikat Buruh Indonesia (GSBI) juga ikut berorasi menuntut dicabutnya UU Cipta Kerja yang dinilai akan menyesengsarakan buruh.

Mereka sambil orasi, dan sebagian melakukan protes dengan membakar ban mobil di tengah jalan utama.

Sebelum menjelang pukul 6 sore para pengunjuk rasa akhirnya membubarkan diri dengan tertib.

“Saya Kapolres Jakarta Pusat mengajak adik-adik untuk tertib dan kembali dengan tertib. Tidak ada yang anarkis,” seru Kapolrestro Jakarta Pusat, Kombes Pol Heru Novianto melalui pengeras suara yang disampaikan kepada para pengunjuk rasa.

Baca lagi  Anda Lebih Mirip Siapakah Secara Genetik, Ibu atau Ayah?

RAFIKI ANUGERAHA M  I  ARIEF RAHMAN MEDIA

 

 

Related posts

Wapres Minta Cendekiawan dan Ulama Luruskan Informasi Salah tentang Corona

adminJ9

Menkop Siapkan Infrastruktur dan Pelatihan UMKM agar Kuasai Market Digital

adminJ9

Utang Pemerintahan Jokowi Terus Membengkak Tembus Rp 6.074 triliun

adminJ9