Jurnal9.com
Headline LifeStyle

Badan Lemas Sering Lelah, Haus Terus: Hati-Hati! Gula Darah Tinggi, Ini Ciri-cirinya

Ilustrasi saat bekerja, badan lemas sering lelah

JAKARTA, jurnal9.com – Gula darah tinggi (hiperglikemia) adalah kondisi naiknya kadar gula atau glukosa di dalam darah. Siapa saja bisa mengalami gula darah tinggi. Meskipun orang yang tak menderita diabetes sekalipun.

Apalagi bagi mereka yang punya masalah kesehatan seperti gangguan metabolisme, gangguan hormon, serangan jantung, infeksi parah, stres  depresi, dan stroke.

Seperti diketahui kadar gula darah tinggi yang terus-menerus bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan saraf. Terutama orang yang sudah kena diabetes, perlu mengecek kadar gula darahnya secara berkala.

Dikutip dari Everyday Health, American Diabetes Association (ADA) bahwa seseorang dianggap memiliki kadar gula darah tinggi, jika gula darah puasa atau sebelum makan: di atas sebesar 126 mg/dL

Gula darah dua jam setelah makan: di atas 200 mg/dL  Hemoglobin A1C (HbA1C): di atas atau  6,5

Masih banyak orang yang belum paham ciri-ciri gula darah tinggi seperti berikut ini:

Ketika kadar gula darahnya melonjak tinggi, banyak orang yang tidak menyadari gejala penyakitnya. Padahal kalau gula darahnya tinggi badan ini merasa tidak nyaman.

Lemas dan mudah lelah.

Biasanya badan sering lemas atau lelah  Jadi, kalau badannya sedikit-sedikit mudah lelah, ini menandakan sudah ada gejala awal gula darahnya tinggi.

Meski tak menderita diabetes, badannya lemas terus-menerus yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sering kencing 

Ketika kandungan gula darah terlalu tinggi, ginjal otomatis akan mengeluarkan lebih banyak gula dari tubuh dengan buang air kecil (kencing). Kalau orang sudah gula darahnya tinggi lebih sering kencing disbanding kondisi normal.

Haus terus-menerus

Haus terus-menerus merupakan efek dari sering kencing. Karena tubuh mengeluarkan banyak cairan, praktis tubuh jadi sering haus untuk memberikan tanda pada tubuh agar tidak dehidrasi.

Baca lagi  Marine El Himer, Model Prancis Peluk Islam: Ini Pilihan Jiwa, Hati dan Akal

Semakin sering kencing, rasa haus pada penderita gula darah tinggi juga semakin sering.

Sakit kepala

Kalau sudah sering kencing, ditambah haus, ini bisa memicu dehidrasi. Gejala dehidrasi salah satunya; sakit kepala.

Kalau orang sering sakit kepala, ini merupakan gejala banyak penyakit di tubuhnya. Dan ini akan diderita seseorang pada waktu-waktu mendatang.

Luka susah sembuh

Gejala gula darah tinggi lainnya. Ketika sesorang dalam proses penyembuhan luka di salah satu bagian tubuhnya akan menjadi lebih lambat. Kondisi ini dipengaruhi gula darah tinggi yang mengganggu aliran darah, sehingga sistem peredaran darah terganggu.

Sakit gigi

Kadar gula darah tinggi juga dapat mengganggu air liur sampai ke darah. Kondisi ini rentan memicu tumbuhnya bakteri, termasuk di mulut.

Jika bakteri jahat mengganggu gigi dan mulut, seperti gusi bengkak, radang gusi, sampai gigi berlubang. Makanya orang yang menderita diabetes karena gula darahnya tinggi, bisa diketahui dari bau mulutnya yang tak sedap. Seperti bau tinja.

Pandangan kabur

Kadar gula darah tinggi juga bisa mempengaruhi indra penglihatan yang membuat pandangan mata kabur. Kondisi ini disebabkan kelebihan gula dan air yang terjebak di lensa di bagian tengah mata.

Mual dan muntah

Saat organ liver tidak dapat menggunakan gula darah untuk sumber energi, tubuh mulai memecah lemak sebagai bahan bakar penggantinya. Kondisi ini yang bisa membuat darah menjadi asam.

Gejala gula darah yang tinggi ini bisa menyebabkan seseorang sering mual, muntah, bingung, sakit perut, sesak napas, dan napas berbau tak sedap.

Kesemutan

Kalau sehari-hari, tangan dan kakinya sering kesemutan  Ini jadi tanda gula darahnya tinggi. Kondisi ini dipengaruhi rusaknya saraf atau neuropari karena kadar gula darah tinggi.

RAFIKA ANUGERAHA M  I  ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

Perjuangan Kiai As’ad Saat Peristiwa 10 November Gerakkan Bajingan untuk Bertempur

adminJ9

Maraknya Pinjol Illegal, Presiden Jokowi Perintahkan Stop Izin Baru Pinjol

adminJ9

90 Juta Lebih Suara Prabowo Mau Dibatalkan dengan Kesaksian Pesan Moral Romo Magnis?

adminJ9