Jurnal9.com
Headline IT

Awas! Virus Joker Mencuri Data Hingga Bobol Rekening Bank via Smartphone

Ilustrasi virus joker 

JAKARTA, jurnal9.com – Jagat media sosial diramaikan dengan munculnya virus digital bernama “virus joker”. Virus ini menjadi trending topic karena dampak yang ditimbulkan kabarnya dapat mencuri data penting hingga membobol rekening bank. Sehingga virus joker ini sangat meresahkan para pengguna android.

Tentu saja hal ini membuat para pengguna android bertanya-tanya. Karena katanya virus ini dapat menempel di aplikasi-aplikasi yang tersebar bebas di play store. Sehingga sulit untuk mendeteksi jika virus joker ini masuk ke pengguna smartphone.

Melansir informasi dari Enterpreneur yang dikutip Kempalan, virus joker ini telah berhasil melakukan peretasan dan membobol beberapa rekening bank dari para pengguna smartphone.

Bahkan ada pula data-data pribadi yang penting dari para pengguna smartphone juga ikut dicuri oleh beberapa aplikasi yang di-download melalui Play Store dan sejenisnya.

Kasus peretasan oleh virus joker ini ternyata sudah pernah terdeteksi pihak kepolisian Belgia pada  2017 lalu. Dari temuan itu pihak Google kemudian melakukan pemblokirkan terhadap lebih dari 1.700 aplikasi yang diduga berafiliasi dengan virus malware ini.

Berselang tiga tahun kemudian, virus joker kembali terdeteksi pada beberapa aplikasi android. Pada September 2020, diketahui bahwa virus joker ini berimplikasi pada aplikasi di Play Store yang sudah didownload oleh lebih dari 500 ribu pengguna smartphone di 30 negara.

Secara sistem, virus joker merupakan malware yang sifatnya sangat berbahaya dan destruktif. Dikutip dari penelitian yang dilakukan oleh Cyber Security Quick Heal Security Lab, bahwa virus ini telah mengkontaminasi smartphone melalui kontak, pesan, hingga data-data lain yang ada di dalamnya.

Dengan kerugian yang ditimbulkan dari virus joker ini, dihimbau para pengguna smartphone harus melakukan tindakan preventif. Seperti mengurangi melakukan penginstallan terhadap aplikasi yang diduga dapat mentransmisi virus.

Baca lagi  Dibuka Kembali Jemaah Umrah Indonesia, Jalani Karantina 3 Hari Sebelum Keberangkatan

Selain itu pengguna juga bisa men-download aplikasi antivirus untuk dapat mendeteksi virus joker ini di smartphone.

RAFIKI ANUGERAHA M

Related posts

Mal, Pasar, Sekolah, Perkantoran, akan Dibuka Sesuai Relaksasi PSBB Awal Juni

adminJ9

Zara Rutherford: Ini Benar-Benar Gila, Terbangkan Pesawat Sendirian Keliling Dunia

adminJ9

Siapa Sih.. Pemilih Electoral College? Kok Menjadi Penentu Presiden Amerika Serikat

adminJ9