Jurnal9.com
Headline Travelling

Sandiaga Bantah Berita Media Asing yang Sebutkan Pariwisata Bali Dibuka September 2021

Danau Batur, Kintamani, salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi wisatawan mancanegara di Bali

JAKARTA, jurnal9.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno membantah pemberitaan media asing yang menyebutkan pembukaan pariwisata di Bali untuk wisatawan mancanegara akan dilakukan September 2021 ini.

Ia menegaskan bahwa hingga saat ini belum ada waktu pasti kapan pariwisata di Bali akan dibuka untuk wisatawan mancanegara.

“Kita berharap pembukaan kembali [pariwisata]  di Bali untuk wisatawan mancanegara ya secepatnya. Namun, semua itu lagi-lagi tergantung kepada angka penularan covid-19,” kata Sandiaga Uno pada Weekly Press Briefing virtual, Senin (30/8/2021).

Sandiaga melanjutkan, hingga saat ini pihaknya masih terus berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali, Satgas Covid-19, dan pihak terkait lainnya sehubungan dengan rencana pembukaan Bali.

Pembukaan pariwisata Bali untuk wisatawan mancanegara, menurut dia, masih menunggu pemenuhan pra-kondisi yang ditetapkan. Misalnya adalah zona dengan risiko penularan covid-19 yang rendah.

“Saat ini hanya daerah ITDC yang sudah hijau. Daerah lain masih memerlukan usaha keras untuk memenuhi seluruh indikator kesiapan destinasi,” jelas Sandiaga.

Dia mengatakan bahwa pembukaan pariwisata Bali juga menunggu turunnya level PPKM. Hal itu sudah diajukan dan direkomendasikan dalam rapat terbatas (ratas) bersama Presiden Joko Widodo.

Dalam pembukaan kembali pariwisata di Pulau Dewata ini, kata dia, keputusan tidak hanya bergantung pada Kemenparekraf.

Sandiaga menuturkan, hal ini perlu mendapat persetujuan dari berbagai pihak, mulai dari Presiden, kepala daerah, Menteri Luar Negeri, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Kesehatan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

“Sudah diajukan tadi, direkomendasikan di ratas . Kita tunggu pra-kondisi vaksinasi, dan indikator Covid-19 lainnya, serta penurunan level PPKM di aglomerasi Bali. (Berbagai pihak terkait) harus on board (dalam) persiapan pembukaan Bali,” ucap Sandiaga.

Baca lagi  Ancaman Mental dan Bunuh Diri Akibat Kehilangan Pekerjaan Saat Pandemi Corona

Kesiapan Bali sendiri dalam menyambut wisatawan mancanegara, tegas Sandiaga, diperlukan persiapan, salah satunya mempercepat vaksinasi,

dalam konferensi pers virtual tersebut, Sandiaga mengungkapkan bahwa berbagai persiapan untuk membuka kembali akses ke Pulau Dewata bagi wisman tetap dilakukan. Salah satunya seputar vaksinasi. “Sementara ini total tingkat vaksinasi dosis kedua sudah 35,93 persen,” ujarnya.

Sandiaga menjelaskan sasaran vaksinasi di Provinsi Bali mencakup 3.405.130 jiwa. “Selain itu, terdapat 994 usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang tersertifikasi CHSE di Bali,” tambah dia.

Saat ini, sertifikasi CHSE untuk menambah kesiapan usaha di Bali juga tengah berlangsung dengan target 340 usaha di Badung, 426 usaha di Gianyar, dan 144 usaha di Denpasar.

Sandiaga mengatakan, jika Bali sudah diberi lampu hijau untuk membuka kembali pintunya untuk wisman, hal itu akan dilakukan secara bertahap dan diawali dengan simulasi atau uji coba.

“Fokus pasar Bali akan memerhatikan kondisi penanganan Covid-19 di negara asal dan akan melarang masuk negara yang berada pada status Travel Ban terkait penanganan pandemi mengikuti ketentuan Satgas Covid-19,” ucap dia.

Menparekraf mengajak masyarakat, khususnya di Bali untuk selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. “Sehingga, dengan kolaborasi kita bersama, angka penularan covid-19 bisa kita tekan. Sehingga sektor pariwisata di Bali yang menjadi roda perekonomian dapat aktif kembali,” tutur Sandiaga.

RAFIKI ANUGERAHA M  I  ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

UMKM Berpenghasilan di Bawah Rp500 juta Per Tahun Kini Tidak Kena PPh Lagi

adminJ9

ICJR: Kasus Video Syur Gisel dan Michael Hanya Sebagai Korban Tidak Bisa Dipidana

adminJ9

Kudeta di Myanmar? Semua Jaringan Telepon Diputus, Aung San Suu Kyi Ditangkap

adminJ9