Jurnal9.com
Business

Roadshow Pegawai Baru LPDB di Tiga Provinsi, Padukan Teori dan Praktek Lapangan

SEMARANG, jurnal9.com – Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) melaksanakan Roadshow Akad Pinjaman/Pembiayaan Dana Bergulir bagi 36 pegawai baru dengan mengunjungi mitra untuk memadukan teori dengan praktek lapangan.

Melalui moda darat, Roadshow dilaksanakan di tiga provinsi Indonesia, yakni di Indranayu, Jawa Barat, Semarang, Jawa Tengah dan Yogyakarta pada 24-26 Agustus 2020.

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo mengatakan, roadshow akad ini merupakan penutup rangkaian orientasi pegawai baru. Tujuannya untuk mengenalkan sekaligus mengajarkan proses pengikatan pinjaman/pembiayaan antara LPDB-KUMKM dengan mitranya koperasi.

“Proses tersebut harus dipahami karena erat kaitannya dengan TriSukses LPDB-KUMKM yaitu, Sukses Penyaluran, Sukses Pemanfaatan dan Sukses Pengembalian,” ujar Supomo, usai acara penandatangan akad pembiayaan sebesar Rp7 miliar kepada KSPPS Artha Bahana Syariah, di Semarang, Jawa Tengah, Senin (24/8).

Koperasi yang diketuai Subur Prabowo ini memiliki 47.246 anggota dan berlokasi di Kabupaten Pati Jawa Tengah, disetujui permohonan pinjamannya sebesar Rp7 miliar.

Menurut Supomo, acara menggambarkan pentingnya tahapan akad pinjaman/pembiayaan yang melibatkan dua pihak sekaligus, antara pihak pemberi pinjaman, LPDB-KUMKM dan pihak penerima pinjaman, yaitu koperasi.

“Harus tercipta kesepakatan hak dan kewajiban antara kedua belah pihak, serta diikat pihak ketiga yakni Notaris,” kata Supomo.

Dasar-dasar pembelajaran inilah diperlukan agar ke depan seluruh pegawai memahami peran penting bekerja di satuan kerja Kementerian Koperasi dan UKM. Sejak awal berdiri pada 2006, LPDB-KUMKM telah menjadi garda terdepan bagi permodalan koperasi dan UMKM. Karena itu, LPDB-KUMKM terpanggil untuk terus menggenjot tugas dan tanggung jawabnya mem-backup pembiayaan KUMKM Indonesia.

“Harapannya, dengan kegiatan ini menjadi penyemangat bagi seluruh karyawan, khususnya karyawan baru untuk turut serta mengambil bagian dalam upaya menggerakkan denyut ekonomi nasional, terutama melalui wadah usaha KUMKM. Negara membutuhkan tenaga dan pikiran kita dalam menghadapi krisis ekonomi saat pandemi Covid-19,” papar Supomo.

Baca lagi  Hadiri RAT Kopdit Pintu Air NTT, MenkopUKM Dorong Tumbuhnya Usaha Sektor Kelautan

Program roadshow ini sebagai upaya membangun mental yang kokoh seluruh pegawai, dan terus dilakukan agar seirama dengan visi dan misi LPDB-KUMKM. Melalui perjalanan darat lintas provinsi, seluruh peserta diikutsertakan mendatangi koperasi dari mitra LPDB-KUMKM, termasuk mengunjungi UKM-UKM binaan.

MULIA GINTING

 

Related posts

MenkopUKM: Koperasi Mampu Produksi Alat Kesehatan dan Pertanian, Tak Perlu Impor Lagi

adminJ9

Penguatan Ekonomi Domestik Percepat Pemulihan Akibat Pandemi

adminJ9

Dekranas Ajak Pelaku UMKM Eksis di Tengah Pandemi Covid-19

adminJ9