Jurnal9.com
Sport

Lopetegui Dedikasikan Sukses Liga Europa untuk Puerta

JAKARTA, jurnal9.com – Pelatih Sevilla Julen Lopetegui menyatakan sukses menjuarai Liga Europa 2019/2020 dedikasikan kepada mantan pemain klub ini, mendiang Antonio Puerta.

Semasa hidupnya Puerta turut membawa Sevilla menjuarai Liga Europa, saat itu masih disebut Piala UEFA, 2005/2006 dan 2006/2007. Dia tutup usia 22 tahun akibat gagal jantung 2007 silam.

“Ini adalah klub yang luar biasa. Saya harap para penggemar dapat merayakannya sambil tetap berhati-hati [menerapkan protokol kesehatan]. Kami perlu merayakannya untuk mereka, untuk (Antonio) Puerta, dan semua yang mencintai kami,” kata Lopetegui seperti dikutip dari laman resmi UEFA.

Lopetegui tidak sungkan memuji penampilan seluruh anak asuhnya.

“Skuad ini hebat. Mereka memiliki keyakinan mengusahakannya dan mewujudkannya. Jika kami tidak menang, saya tetap mencintai mereka. Namun hari ini kami membawa pulang hadiah. Kami percaya,” tambah mantan pelatih tim nasional Spanyol itu.

Pujian khusus diberikan kepada Luuk de Jong, yang telah membayar kepercayaannya untuk dimainkan sejak awal laga dengan mengemas dua gol.

“De Jong adalah pemain hebat, dia telah lama menanti namun pada malam ini dia telah siap,” kata Lopetegui.

Pemain Belanda De Jong gagal mengemas gol dalam 11 pertandingan sebelum akhirnya mencetak gol penentu kemenangan saat melawan Manchester United pada semifinal. Selain menyumbang dua gol, De Jong juga tampil baik sebagai pemain serba bisa di lini depan saat melawan Inter Milan dalam laga puncak.

“Pelatih mengatakan bahwa saya akan tampil sebagai pemain inti, saya katakan bahwa selalu siap, dan untungnya hal itu terbukti. Sundulan merupakan spesialisasi saya, umpan silang pertama dari (Jesus) Navas merupakan sempurna. Gol kedua adalah bola bagus Ever Banega, dan itu merupakan gol istimewa,” tutur De Jong.

Kemenangan ini juga menjadi istimewa bagi Banega, yang pada musim depan akan bermain untuk klub Arab Saudi Al Shahab.

“Saya meninggalkan klub tercinta, namun bahagia. Saya berterima kasih kepada para kolega yang telah mewujudkan mimpi ini. Kesuksesan kami datang dari persatuan, di atas segalanya, dan tahu bagaimana cara mengatasi momen-momen sulit,” ucap mantan gelandang Inter itu.

Sementara kapten Sevilla Jesus Navas juga mendedikasikan sukses timnya menjuarai Liga Eropa keenam kalinya untuk mantan pemain Jose Antonio Reyes yang meninggal dunia karena kecelakaan mobil tahun lalu dan Antonio Puerta yang meninggal dunia karena serangan jantung pada 2007.

Baca lagi  Adama Traore, Ansu Fati dan Duo Man City Dipanggil Tim Nasional Spanyol

Navas menyatakan kemenangan ini untuk Reyes dan Puerta. Reyes memperkuat Sevilla tiga kali menjuarai Liga Europa, tewas Juni tahun lalu. Puerta meninggal dalam usia 22 tahun, setelah mengalami serangan jantung dalam pertandingan liga pada Agustus 2007.

“Bisa mengangkat piala ini sebagai kapten Sevilla sangat berarti bagi saya, demi semua orang, demi para sahabat yang tidak ada lagi di sini, demi Puerta, demi Reyes,” kata Navas seperti dikutip Reuters.

“Dan untuk ayah baptis saya yang sudah tiada, saya harap penggemar Sevilla bangga. Kami mengangkat trofi ini karena kami semua kapten,” katanya lagi.

Navas juga menyanjung pelatih Julen Lopetegui, dua tahun setelah dipecat sebagai pelatih tim nasional Spanyol menjelang Piala Dunia 2018. Dia cuma melatih Real Madrid untuk 14 pertandingan.

“Lopetegui bekerja 24 jam per hari untuk Sevilla, dia layak mendapatkan ini,” kata Navas.

Diego Carlos, yang tendangan saltonya membentur Romelu Lukaku sehingga bola masuk gawang 16 menit menjelang bubaran.

 

“Gelar ini sangat penting bagi kami semua. Saya berterima kasih kepada klub untuk semua yang dilakukan kepada saya mencetak sebuah gol, memenangkan trofi dan istri saya tengah hamil,” kata pemain Brasil berusia 27 tahun itu.

 

Klub Liga Spanyol itu mengalahkan Inter Milan 3-2 dalam final menegangkan Sabtu dini hari.

 

Berikut daftar juara Liga Europa dalam satu dasawarsa terakhir.

 

2019/20 Sevilla

2018/19 Chelsea

2017/18 Atletico Madrid

2016/17 Manchester United

2015/16 Sevilla

2014/15 Sevilla

2013/14 Sevilla

2012/13 Chelsea

2011/12 Atletico Madrid

2010/11 Porto

 

Berikut daftar juara terbanyak Liga Europa dan Piala UEFA sepanjang masa.

6 – Sevilla

3 – Juventus, Inter Milan, Liverpool, Atletico Madrid

2 – Borussia Moenchengladbach, Tottenham Hotspur, Real Madrid, IFK Goeteborg, Parma, Feyenoord, Porto, Chelsea

1 – PSV Eindhoven, Eintracht Frankfurt, Ipswich, RSC Anderlecht, Bayer Leverkusen, Napoli, Ajax, Bayern Muenchen, Schalke 04, Galatasaray, Valencia, CSKA Moskow, Zenit St. Petersburg, Shakhtar Donetsk, Manchester United.

Ant l MULIA GINTING

Related posts

Ronald Koeman Jadi Pelatih Baru Barcelona, dan Messi Tetap di Nou Camp

adminJ9

Hansi Flick dan Thomas Tuchel Adu Strategi di Final Liga Champions, Siapa yang Juara?

adminJ9

Kalah dari India, Imbang dengan Uzbekistan dan Menang Atas Vietnam, Indonesia Posisi Kelima

adminJ9