Jurnal9.com
Headline News

Di Kota Zhoushan China Tiba-Tiba Langit Jadi Merah Darah, Ini Pertanda Apa?

Langit merah darah di kota Zhoushan

SHANGHAI, jurnal9.com – Langit di atas kota Zhoushan China, tiba-tiba berubah menjadi merah darah. Warga yang berhamburan keluar rumah saat melihat ke atas langit kota itu, mereka tercengang dan panik. Karena fenomena langit merah ini baru pertama kalinya terjadi.

Fenomena langit merah darah itu direkam oleh banyak warga, lalu diunggah di sejumlah media sosial. Dan tayangan itu di medsos jadi viral. Melihat kejadian itu sejumlah warga yang meyakini jika fenomena langit merah ini menjadi pertanda buruk; akan terjadi bencana.

Di salah satu tayangan video di medsos ada yang menyebutkan jika ini menjadi suatu pertanda kiamat? Sehingga banyak warga kota pelabuhan di bagian China Selatan ini merasa panik dan ketakutan. Mereka khawatir ini menjadi pertanda buruk.

Ada pula warga yang mengunggah di medsos dengan memberi ulasan apa mungkin langit merah darah yang kelihatan menyala di kota dekat pelabuhan itu ada terjadi kebakaran pada kapal-kapal yang bersandar di tengah laut?

Fenomena langit merah yang menjadi topik trending teratas di Weibo, yaitu media sosial sejenis Twitter milik China itu ditonton lebih dari 150 juta kali.

Di Douyin, TikTok versi China, juga mengulas jika langit merah itu sebagai pertanda buruk mewabahnya covid di China yang terus muncul kembali di negara tetangga Shanghai.

Munculnya berbagai dugaan dari banyak warga kota itu membuat kekhawatiran sejumlah masyarakat, sehingga mereka mulai menimbun persediaan makanan guna mengantisipasi terjadinya bencana.

Namun media lokal menjelaskan fenomena cuaca aneh itu bukan pertanda kiamat atau bencana besar, melainkan hasil pembiasan cahaya.

“Ketika kondisi cuaca bagus, lebih banyak air di atmosfer membentuk aerosol yang membias dan menyebarkan cahaya dari kapal penangkap ikan dan memantul ke langit menjadi merah,” kata staf Biro Meteorologi Zhoushan, yang dikutip Global Times.

“Pencahayaan merah darah di langit itu mungkin berasal dari kapal penangkap ikan yang sedang memanen hasil laut Pasifik,” lanjut pejabat Biro Meteorologi itu dikutip dari  Aquatic Products Zhoushan Marine Fisheries Co, yang memiliki kapal tersebut.

Baca lagi  Studi: Orang yang Bergolongan Darah O Memiliki Risiko Lebih Kecil Tertular Virus Corona

“Saya belum pernah melihat langit merah darah seperti ini. Sungghuh kejadian ini mengherankan dan membuat kekahawatiran banyak warga. Banyak warga yang panik,” kata salah satu penggunggah di Weibo.

Lantas, apa penyebab terjadinya fenomena langit berwarna merah di kota China bagian Selatan ini?

“Dan Biro Meteorologi setempat menyenbutkan kejadian langit merah darah ini benar-benar terjadi. Bukan berita hoaks,” ungkap salah satu warga yang mengutip keterangan dari Biro Meteorologi.

Pada saat hari kejadian, cuaca di kota Zhoushan sedang berkabut, berawan, serta gerimis. .

Sementara itu, beberapa pengguna internet dalam unggahanya mengingatkan fenomena langit merah darah seperti ini pernah terjadi selama sembilan hari di banyak negara pada 1770. Namun kejadian langit merah darah di kota China Selatan ini tak disebutkan berapa lama fenomena tersebut berlangsung.

Namun ilmuwan Jepang mengemukakan bahwa pada 2017 pernah terjadi langit merah darah seperti di kota China ini yang disebabkan pantulan sinar Matahari.

ARIEF RAHMAN MEDIA

Related posts

WHO: Gunakan Vaksin AstraZeneca, Tidak Mengandung Produk Turunan Babi atau Hewani

adminJ9

Myanmar Tutup Bandara Internasional di Yangon, Satu Hari Setelah Terjadi Kudeta

adminJ9

Seleksi CPNS Kemenkop dan UKM Memasuki Tahap SKB

adminJ9