Jurnal9.com
News

NU Buka Beasiswa untuk Para Santri yang Ingin Kuliah di Korea Selatan

Para santri NU yang mendapat beasiswa kuliah di Korea Selatan

JAKARTA, jurnal9.com – Program ‘Santri Goes to Korea’ yang diinisiasi oleh Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) bekerja sama dengan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCI NU) Korea Selatan (Korsel), membuka pendaftaran beasiswa mentoring untuk para santri di tanah air yang ingin melanjutkan kuliah di Korea Selatan. .

Ketua ISNU Korsel Rohib mengatakan pada tahun ini, program bimbingan beasiswa akan diselenggarakan dalam dua gelombang.

Gelombang pertama pada Februari 2022 mendatang ditujukan kepada calon pendaftar beasiswa S2 dan S3 untuk semester musim gugur 2022.

Sedangkan gelombang kedua pada Juli 2022 mendatang ditujukan untuk pendaftar beasiswa S1, S2, dan S3 untuk semester Spring 2023.

“Nantinya kami akan memilih 40 peserta pada setiap gelombang untuk diikutsertakan dalam program mentorship,” ujar Rohib seperti dikutip di laman resmi NU pada Rabu, (26/1/2022).

Rohib menjelaskan setiap peserta yang mendapatkan beasiswa akan memperoleh bimbingan intensif alur pendaftaran beasiswa, praktik mempersiapkan dokumen serta simulasi wawancara.

Irfansyah Maulana sebagai Penanggung Jawab Program yang juga mahasiswa di Daegu Gyeongbuk Institute of Science and Technology (DGIST) mengatakan semua kegiatan tersebut akan dibimbing oleh mentor yang menerima berbagai beasiswa di Korea Selatan.

Bagi para santri yang tertarik untuk mengikuti program ini pada gelombang pertama bisa mendaftarkan diri melalui tautan yang ada di laman resmi NU sebelum 30 Januari 2022. Program Mentorship ini akan dilaksanakan pada 1 sampai 28 Februari 2022.

Program yang ditujukan untuk para santri ini didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul. Terkait dengan kegiatan tersebut, ISNU Korsel telah meyelenggarakan seminar ‘Santri Goes to Korea Fall 2022 Akselerasi Santri Menuju Ilmuwan Kelas Dunia’  pada 23 Januari 2022 lalu.

Baca lagi  LPDB-KUMKM Serahkan Bantuan 30 Ribu Masker pada Tenaga Medis di Jakarta

Dalam acara tersebut Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Gandi Sulistiyanto mengatakan KBRI di Seoul siap mendukung bentuk kegiatan yang membuka peluang warga negera Indonesia untuk menempuh pendidikan di Korea Selatan.

Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Soul, Gogot Suharwoto juga mengatakan KBRI Seoul akan menyokong kegiatan tersebut melalui bantuan pendanaan pelaksanaan program mentorship kepada ISNU Korsel.

“Ini dilakukan agar para santri siap dan mampu bersaing dalam seleksi penerimaan berbagai beasiswa di Korea Selatan,” kata dia.

RAFIKA ANUGERAHA M

Related posts

Kemenkes Klaim Data e-HAC Tidak Bocor, Ahli Siber Sebut Sudah Terjadi Kebocoran

adminJ9

Erick Thohir: Pemerintah Perkuat Upaya Penanganan Covid-19

adminJ9

Hujan Es dan Angin Kencang Landa Wilayah Kota Surabaya

adminJ9